Olahraga yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Osteoporosis


Olahraga yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Osteoporosis

Olahraga yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis memang lebih banyak dialami oleh lansia. Masalah tulang yang satu ini umumnya muncul saat seseorang sudah menginjak usia senja. Tapi penyakit ini tak muncul begitu saja. Kekurangan kalsium adalah salah satu pemicu utamanya. Mencegahnya dengan memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya adalah langkah yang tepat. Akan tetapi tidak cukup dengan itu saja, Anda juga perlu menjaga kesehatan tulang dengan olahraga. Tapi olahraga apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan tulang? Berikut beberapa diantaranya.

 

Latihan Kelenturan

Terlalu sering duduk tak hanya membuat otot tegang dan kaku. Kondisi otot yang seperti ini ternyata juga memberi banyak tekanan pada tulang, khususnya tulang belakang. Melakukan latihan fleksibilitas sangat baik untuk menjaga tulang belakang. Bahkan tak hanya itu saja, latihan ini juga baik untuk otot paha dan dada. Tentu saja, latihan kelenturan ini harus dilakukan dengan tepat. Caranya dengan meregangkan otot hingga titik maksimal dan tahan selama 15 hingga 30 detik. Lakukan latihan ini 3 sampai 5 kali sehari. Tapi perlu dicatat. Jangan paksakan peregangan sampai otot terasa sakit.

 

Latihan Beban

Latihan beban ternyata juga mampu mencegah osteoporosis sejak dini. Dengan latihan beban, otot dan tulang akan semakin kuat. Latihan ini juga mampu merangsang pembentukan tulang . Untuk memperoleh hasil terbaik, lakukan latihan ini sebanyak 8 sampai 10 kali pengulangan, 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

 

Latihan Kardio

Saat Anda melakukan latihan kardio seperti melangkah, berlari dan melompat, ada gaya tekan pada tulang yang mampu memicu pembentukan tulang. Itulah kenapa latihan kardio sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Beberapa latihan kardio yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah jalan cepat, lompat tali, joging, squash, sepak bola, aerobik dan naik turun tangga.

 

Dengan melakukan olahraga secara rutin, tulang akan semakin kuat. Idealnya, olahraga seperti ini memang dilakukan sejak masih muda. Akan tetapi jika usia sudah mulai senja, Anda masih tetap bisa melakukannya. Hanya saja perhatikan intensitasnya dan lakukan dengan hati-hati. Untuk mengoptimalkan upaya pencegahan osteoporosis, Anda juga bisa mengonsumsi susu tinggi kalsium seperti susu Entrasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store