Obat Alami untuk Sakit Mata


Obat Alami untuk Sakit Mata

Obat Alami untuk Sakit Mata

Kenali berbagai jenis bahan alami di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, ataupun mengatasi sakit mata.

 

Madu dan susu murni. Madu memiliki kandungan zat anti-bakterial, sementara kandungan lemak dalam susu murni memiliki komponen penyejuk, sehingga keduanya merupakan kombinasi yang pas untuk meredakan dan merawat konjungtivitas (sakit mata merah). Campurkan kedua bahan ini dengan komposisi yang seimbang, serta pastikan Anda menggunakan susu yang hangat dan tidak panas. Aduk hingga madu bercampur dengan baik di dalam susu. Juga bisa digunakan sebagai bahan kompres untuk mata cekung dan lelah lho.

 

Air perasan mawar. Air perasan mawar berguna untuk meredakan mata yang mengalami kelelahan karena mengandung zat anti-bakterial dan antiseptik, membantu merawat mata yang sakit akibat debu, polusi, mata merah, radang, serta mengalami infeksi dari  bahan-bahan make up atau produk kosmetik berbahaya di wajah. Semprot bola kapas atau handuk kecil dengan air perasan mawar, lalu letakkan di atas mata yang terpejam selama kurang lebih 10-15 menit. Selain menyegarkan, aromanya pun memberikan ketenangan, dan mampu menurunkan stress dan menghilangkan rasa capek.

 

Aloe vera. Aloe vera atau lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad sebagai moisturizer, menyembuhkan luka di kulit, sekaligus melindunginya. Aloe vera mengandung 18 jenis asam amino yang baik untuk kulit. Gel yang terbuat dari aloe vera dapat digunakan untuk meredakan mata bengkak, terutama bagi Anda yang memiliki kantung mata akibat pola tidur yang tidak sehat. Caranya, haluskan daging buah aloe vera, dinginkan sebentar, lalu campurkan dengan sedikit air dingin. Usapkan campuran ini di daerah sekitar mata atau gunakan sebagai bahan kompres selama 10-15 menit.

 

Teh. Teh mengandung bioflavonoid yang dapat melawan infeksi bakteri dan virus, sekaligus meredakan peradangan, dan membantu mengatasi sakit mata. Untuk hasil terbaik, gunakan teh celup berjenis green tea atau black tea. Taruh kantung teh dalam kondisi lembab di atas mata selama kurang lebih 5 menit. Teh celup yang hangat akan membantu mengatasi mata yang mengalami kelelahan. Bila Anda mengalami mata bengkak, gunakan kantung teh celup yang telah didinginkan. Teh juga dapat dipakai untuk meredakan rasa gatal di sekitar mata, karena kandungan tannic acid-nya bersifat meredakan gatal dan menyejukkan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store