Nutrisi Penting yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Nutrisi Penting yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Di usia yang mulai senja, penurunan fungsi tubuh seakan tak terhindari lagi. Kekuatan tulang pun menurun. Bahkan tidak sedikit yang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Ini sangat disayangkan mengingat semua itu sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Bahkan kini juga ada susu tinggi kalsium yang bisa membantu menjaga kekuatan tulang. Namun bukan hanya kalsium saja nutrisi yang dibutuhkan tulang. Nutrisi berikut ini juga memiliki peran yang tidak kalah penting bagi kesehatan tulang.

 

Vitamin D

Vitamin yang satu ini dikenal sebagai nutrisi pendamping kalsium. Berkat vitamin D inilah, penyerapan kalsium pada tulang menjadi lebih optimal. Memperolehnya juga bukan perkara sulit. Banyak sumber makanan yang mengandung vitamin D. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya hanya dengan berjemur di pagi hari selama kurang lebih 15 menit.

 

Kalium

Saat darah terlalu asam, tulang akan mengeluarkan garam kalsium guna menetralisir hal tersebut. Tapi bagaimana jika garam kalsium yang dikeluarkan terlalu banyak? Untuk itulah tubuh membutuhkan kalium. Kalium ini akan mengontrol pelepasan kalsium. Jadi dengan memenuhi kebutuhan akan kalium, berat tulang akan lebih terjaga. Meski demikian, konsumsi susu tinggi kalsium tetap dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

 

Magnesium

Sama seperti vitamin D, magnesium juga berperan dalam proses penyerapan kalsium. Terpenuhinya kebutuhan akan magnesium akan memudahkan proses pembentukan tulang. Tulang pun menjadi sehat dan kuat.

 

Vitamin K

Dalam proses pembentukan tulang, tubuh juga membutuhkan vitamin K. Vitamin ini bekerja sama dengan vitamin D dan mineral lainnya dalam menyeimbangkan kekuatan tulang. Jika dikombinasikan dengan susu tinggi kalsium, memiliki tulang kuat bukan lagi sekedar impian.

 

 

Semua vitamin dan mineral di atas tidak sulit diperoleh. Biji-bijian, sayuran dan kacang-kacangan adalah beberapa sumber makanan yang mampu memberi Anda semua nutrisi tersebut. Namun untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium, konsumsi susu juga harus dijaga. Lebih baik lagi jika susu yang dipilih adalah susu tinggi kalsium. Susu Entrasol contohnya. Dengan susu tinggi kalsium, kesehatan tulang akan lebih terjaga.

 

 

 

Salam,

KALCare