Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Untuk Menambah Berat Badan Janin


Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Untuk Menambah Berat Badan Janin

Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Untuk Menambah Berat Badan Janin

Makan makanan bergizi dan minum susu ibu hamil, dua hal tersebut menjadi ujung tombak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin. Peran makanan yang dikonsumsi selama kehamilan juga sangat menentukan berat badan bayi saat lahir nanti. Setidaknya ada beberapa nutrisi yang berkontribusi besar dalam menambah berat badan. Jika Anda ingin bayi Anda lahir dengan berat badan ideal, kebutuhan nutrisi berikut ini harus terpenuhi selama kehamilan.

 

Karbohidrat

Mengonsumsi cukup karbohidrat tidak hanya menjauhkan sang ibu dari rasa lemas yang kerap melanda selama masa kehamilan. Karbohidrat juga penting dalam menjaga berat badan sekaligus menambah berat badan janin. Bahkan harus diakui, karbohidrat berkontribusi besar dalam menambah berat badan. Beberapa contoh sumber karbohidrat yang baik di antaranya adalah biji-bijian, sayuran, buah hingga susu rendah lemak. Susu ibu hamil juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

 

Protein

Peran protein sangat vital dalam mendukung perkembangan janin. Protein sendiri juga dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otaknya. Produk olahan susu, daging, ayam, ikan dan kacang almond adalah beberapa contoh makanan yang tinggi protein.

 

Kalsium

Untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si kecil, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan kalsium harian terpenuhi. Pastikan makanan seperti brokoli, kangkung, selada air dan sayuran hijau lainnya selalu ada dalam menu makanan harian Anda. Biji wijen, kacang almond dan buah jeruk juga bisa menjadi sumber kalsium yang bagus.

 

Asam Folat

Tercukupinya kebutuhan asam folat akan menurunkan risiko bayi lahir cacat. Anda bisa mencukupi kebutuhan ini dengan mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Susu ibu hamil juga telah diperkaya dengan nutrisi yang satu ini. Jika masih ingin mengonsumsi multivitamin, usahakan jangan terlalu sering. Terlalu sering mengonsumsi multivitamin justru bisa membuat Anda dan janin kelebihan vitamin atau mineral tertentu.

 

 

Nutrisi lain yang juga dapat membantu menambah berat badan si kecil adalah zat besi, gula dan lemak tak jenuh. Meski demikian, jangan berlebihan. Akan jauh lebih baik jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah seimbang. Lagipula masih ada Susu Prenagen yang bisa membantu memenuhi semua kebutuhan nutrisi tersebut.

 

 

 

Salam,

KALBE Store