Meski Puasa, Nutrisi Penting Berikut Harus Terpenuhi Demi Perkembangan Janin


Meski Puasa, Nutrisi Penting Berikut Harus Terpenuhi Demi Perkembangan Janin

Meski Puasa, Nutrisi Penting Berikut Harus Terpenuhi Demi Perkembangan Janin

Ibu hamil membutuhkan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Karena kini, tak hanya kebutuhan sang ibu saja yang harus dipenuhi. Janin yang dikandung juga membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Tantangan ini semakin tinggi manakala sang ibu juga memutuskan untuk berpuasa. Puasa saat hamil sebenarnya tidak dilarang. Meski demikian, ada beberapa kondisi di mana ibu hamil sebaiknya tidak melakukannya. Karena jika asupan nutrisinya tidak diperhatikan, risiko kekurangan gizi bisa dipastikan. Susu ibu hamil sendiri memang bisa membantu. Namun jika hanya mengandalkannya, tentu kebutuhan nutrisi ini tidak akan tercukupi. Setidaknya, beberapa nutrisi berikut harus terpenuhi demi pertumbuhan janin.

 

Asam Folat

Bayi yang dikandung membutuhkan asam folat dalam jumlah cukup. Kandungan inilah yang nantinya membantu mencegah cacat pada tabung saraf, sumsum tulang belakang dan otak. Tak hanya itu saja, asam folat juga bisa mencegah anemia kehamilan, kelahiran prematur dan keguguran. Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan dan beberapa jenis buah seperti lemon, mangga, melon, jeruk, kiwi dan stroberi. Asam folat juga bisa ditemui pada susu ibu hamil.

 

Zat Besi

Salah satu gangguan kesehatan yang kerap menghantui ibu hamil adalah anemia kehamilan. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Mengingat tingginya kebutuhan zat besi ibu hamil yang mencapai 2 kali lipat lebih tinggi dari biasanya, hal ini bisa saja terjadi pada siapa saja. Itulah kenapa ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi zat besi seperti ayam, ikan dan sayuran hijau.

 

Kalsium

Kalsium pada ibu hamil dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi sang buah hati. Jadi kalsium di sini bukan hanya untuk menjaga kesehatan tulang ibu saja. Selain itu, kalsium juga mampu mencegah tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Beberapa makanan yang mengandung kalsium diantaranya adalah bayam, ikan salmon, kacang almond dan brokoli. Ibu hamil juga dianjurkan minum susu ibu hamil untuk membantu melengkapi kebutuhan kalsium selama berpuasa.

 

Sebenarnya masih ada nutrisi lain yang juga harus dipenuhi ibu hamil selama berpuasa. Beberapa diantaranya adalah vitamin D, kolin, seng, iodium dan vitamin C. Semua kebutuhan nutrisi tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat dan lengkap. Selain itu, susu hamil seperti susu Prenagen juga bisa membantu.

 

 

 

Salam,

KALBE Store