Nutrisi Otak untuk Anak Cerdas (Part 1)


Nutrisi Otak untuk Anak Cerdas (Part 1)

Nutrisi Otak untuk Anak Cerdas (Part 1)

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas 6 nutrisi yang diperlukan oleh otak untuk pertumbuhan dan perkembangan anak cerdas. Berikut 6 nutrisi lainnya yang perlu Anda ketahui.

 

  • Vitamin E

Vitamin E dikenal sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai unsur polusi dan racun. Vitamin ini pun dapat menghambat perkembangan tahap pertama dari penyakit Alzheimer. Sumber vitamin E yang melimpah termasuk kacang almond, sayuran berdaun hijau, minyak bunga matahari dan hazelnut.

 

  • Sialid, Kolin dan Glutamic Acid

Sialid acid dibutuhkan untuk membangun gangliosida membran sel otak atau saraf. Gangliosida ini mempengaruhi kecepatan proses belajar dan pembentukan memori. Sementara itu, Kolin dan Glutamic Acid membantu pembentukan Neurotransmitter, sehingga dapat meningkatkan proses berpikir dan konsentrasi anak. Contoh sumber utama senyawa tersebut adalah susu, kacang-kacangan dan daging sapi.

 

  • Iodium

Fungsi iodium adalah membentuk hormon di dalam kelenjar tiroid. Hormon tiroid ini mempunyai efek nyata dalam perkembangan otak, membuat peka sistem saraf dan meningkatkan aktivitas otak. Contoh sumber makanannya adalah ikan salmon, tuna, kerang, ikan cod, garam, rumput laut dan susu.

 

  • Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk melindungi otak dari pengaruh berbagai polusi dan racun. Sumber makanan vitamin A seperti hati ayam, wortel, brokoli dan sumber lainnya.

 

  • Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk mengubah makanan menjadi sumber energi di otak. Sumber vitamin tersebut meliputi buah berry, jeruk, kiwi, brokoli, mangga, bayam dan sumber lainnya.

 

  • Asam Folat

Zat ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas sel-sel otak, memperlambat penuaan pada sel otak, serta membantu mengurangi depresi. Sumber asam folat yang baik seperti bayam, brokoli, pisang, kacang, jamur, ikan, dan sumber lainnya.

 

Berbagai lembaga kesehatan anak di dunia menyatakan bahwa, anak harus mendapatkan nutrisi yang cukup pada usia awal kehidupannya (2 tahun awal). Jika tidak, maka dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan secara fisik dan mental akibat perkembangan otak yang terganggu. Mari ibu dan ayah, perhatikan nutrisi kebutuhan otak anak Anda dengan makanan yang bergizi, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak cerdas, sehat dan kuat.

 

Salam,

KALBE Store