Nutrisi Otak untuk Anak Cerdas (Part 2)


Nutrisi Otak untuk Anak Cerdas (Part 2)

Nutrisi Otak untuk Anak Cerdas (Part 2)

Orangtua mana yang tidak ingin memiliki anak cerdas dan sehat, dengan pertumbuhan otak yang optimal? Perkembangan otak anak dipengaruhi oleh faktor genetik, faktor lingkungan dan pemenuhan nutrisi dalam tubuh, khususnya otak. Pertanyannya, nutrisi apa saja yang dibutuhkan otak untuk anak cerdas? Simak penjelasannya berikut ini.

 

  • Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki efek anti peradagangan dan penggumpalan darah yang baik bagi sistem saraf pusat dan otak. Sebuah penelitian di Inggris telah membuktikan bahwa, anak yang diberi asam lemak omega-3 memperlihatkan nilai lebih tinggi pada ujian dan menunjukkan perbaikan perilaku mereka. Asam lemak ini dapat ditemukan pada ikan tuna, salmon, kacang walnut dan sayuran berdaun hijau.

 

  • AA, DHA dan EPA

Ketiga zat ini berfungsi untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi penglihatan atau visual. Zat ini dapat ditemukan pada ASI, ikan tuna, salmon, daging hewan, telur, dan susu.

 

  • Zat Besi

Zat besi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kecerdasan. Anda dapat memperolehnya dari kulit kentang, kentang, roti gandum, kacang, buah Prune, bayam, telur, daging sapi, kangkung dan sumber lainnya.

 

  • Kelompok Vitamin B

Berperan membantu neurotransmitter pada otak dan juga proses metabolisme di otak. Kekurangan Vitamin B-12 dapat menyebabkan kerusakan saraf, kehilangan memori, perubahan suasana hati dan mental. Selain itu, kekurangan Vitamin B-6 dapat menurunkan tingkat konsentrasi, dan menyebabkan kehilangan memori jangka pendek. Anda dapat menemukan sumber Vitamin B pada telur, daging, bayam, kacang-kacangan, wortel dan biji bunga matahari.

 

  • Seng (Zinc)

Seng dibutuhkan untuk pembelahan dan meningkatkan kemampuan membran sel-sel otak, sehingga mampu meningkatkan daya ingat dan fungsi otak, serta memproduksi hormon serotonin yang dibutuhkan agar tidak mudah panik dan cemas. Anda dapat menemukannya dalam daging, susu, kacang-kacangan, dan olahan hasil laut atau seafood.

 

  • Selenium

Selenium berfungsi untuk melindungi otak dari racun dan paparan metal berat, seperti timah hitam, menjaga kesehatan otak, serta memperbaiki mood. Makanan sumber selenium seperti telur, ikan tuna, kerang, daging, bawang putih, brokoli, kembang kol, tempe dan sumber lainnya.   Masih ada 6 nutrisi lainnya yang harus ibu dan ayah ketahui untuk perkembangan otak anak cerdas Anda. Agar ibu dan ayah lebih memahami pentingnya nutrisi bagi kecerdasan anak Anda, simak artikel berikutnya untuk penjelasan lebih lanjut.

 

Salam,

KALBE Store