Normalkah Pola Tidur Bayi Saya?


Normalkah Pola Tidur Bayi Saya?

Normalkah Pola Tidur Bayi Saya?

Pola tidur bayi, khususnya bayi yang baru lahir, seringkali membuat kaget para orang tua baru. Bayi yang baru lahir cenderung untuk bangun setiap dua sampai tiga jam sekali pada malam hari, dan tidur sepanjang siang hari. Tentu saja, untuk seorang ibu baru, hal ini dapat membuat panik. Berbagai pertanyaan pun lantas terlintas: Apakah si kecil sakit? Apakah ia merasa tidak nyaman terhadap lingkungannya? Dan, yang terpenting, apakah pola tidurnya normal?

 

Dikutip dari National Sleep Foundation, pengertian tidur terbagi ke dalam dua tipe, yakni tidur tenang (Non Rapid Eye Movement), di mana supply darah ke otot meningkat, tenaga kembali pulih, pertumbuhan dan perbaikan jaringan terjadi, dan terjadi pula pelepasan hormon-hormon untuk perkembangan. Lalu, tipe tidur lainnya adalah, Tidur Aktif (Rapid Eye Movement), di mana otak tetap aktif dan bermimpi, walaupun tubuh tidak bergerak, dan detak jantung, serta laju pernafasan tidak stabil.

 

Bayi yang baru lahir (newborn baby) cenderung  tidur aktif (REM). Tidur aktif lebih mudah terganggu. Seringnya, bayi terbangun karena terganggu dengan rasa lapar. Kecilnya lambung bayi menyebabkan sedikitnya tampungan ASI untuk menyokong perasaan kenyang dalam waktu yang lama. Bayi yang baru lahir setidaknya menghabiskan 10.5-18 jam sehari dalam kondisi tidur aktif. Setelah berumur enam sampai delapan minggu, bayi akan mulai mengurangi durasi tidur di siang hari, dan lebih lama tidur di malam hari. Di antara umur empat sampai enam bulan jam, tidur si kecil pun akan bertambah antara 8-12 jam di malam hari.

 

Tidur untuk anak sangatlah penting, karena berpengaruh langsung terhadap perkembangan mental dan fisiknya. Untuk itu, ibu juga harus mengenali tanda-tanda bayi mulai mengantuk. Apabila bayi sudah mulai menguap dan mengusap-usap mata, itu tandanya bayi sudah mulai letih. Selain itu, ibu juga sebaiknya mulai memperkenalkan perbedaan antara siang dan malam pada bayi untuk melatih pola tidur bayi menjadi lebih baik.

 

Salam,

KALBE Store