Normalkah Perkembangan Anak Saya? Cek dengan Panduan Ini


Normalkah Perkembangan Anak Saya? Cek dengan Panduan Ini

Normalkah Perkembangan Anak Saya? Cek dengan Panduan Ini

Setiap tahap perkembangan anak adalah hal yang mengagumkan bagi orang tua. Menyaksikan anak tumbuh dengan sehat dan cerdas menjadikan kebahagiaan orangtua semakin sempurna. Oleh karenanya, penting untuk memantau perkembangan anak sehubungan dengan pertambahan usianya; mulai dari ciri fisik, bagaimana pola makannya, mekanisme buang air, pola tidur, hingga perkembangan sikapnya.

 

Berikut adalah panduan perkembangan anak, mulai dari bayi hingga menginjak usia 5 tahun.

 

  • Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan

Bayi baru lahir normalnya menyusu setiap 1-3 jam sekali, dan tidur selama 18 jam, namun seringkali terbangun. Untuk perilaku buang air, normalnya bayi baru lahir membutuhkan 1 popok untuk buang air besar, dan 1-2 popok untuk buang air kecil. Untuk perkembangan kemampuan fisiknya, bayi akan mulai mengenali objek sejauh 20-30 cm, merespon suara, dan memiliki refleks lahir.

 

  • Bayi usia 6 bulan

Bayi mulai bisa diperkenalkan dengan makanan padat, sehingga frekuensi dan tekstur buang air besarnya pun berubah. Durasi tidurnya berkurang menjadi 14 jam. Bayi mulai bersuara, menggunakan jari untuk meraih sesuatu, dan mulai tengkurap.

 

  • Anak usia 1 tahun

Makanan pendamping ASI tetap berjalan, dan anak mulai dapat mengkonsumsi susu formula. Anak usia 1 tahun biasanya tidur selama 12-14 jam, sementara untuk perkembangannya, anak akan mulai coba-coba makan dan minum sendiri dari cangkir, bisa duduk, mulai paham kata ‘tidak’, dan bisa melambaikan tangan.

 

  • Anak usia 2-4 tahun

Anak akan mulai memiliki jadwal makan 3 kali sehari dan 2 kali waktu cemilan. Toilet training sebaiknya mulai diajarkan, dan dimantapkan pada usia 2-4 tahun. Durasi tidur anak akan mulai berkurang menjadi 11-12 jam per hari. Namun, di saat yang bersamaan, perkembangan kata dan bahasanya meningkat, sehingga anak mulai bisa menerima perintah, melakukan permainan fisik, beraktivitas naik-turun tangga, dan melompat, serta bermain bersama anak lain. Pada usia 3 tahun, anak mulai belajar berpakaian.

 

  • Anak usia 5 tahun

Usia 5 tahun, anak sudah memiliki pola makan tetap, yaitu 3 kali sehari ditambah dengan 2 kali waktu cemilan. Sudah bisa menggunakan toilet sendiri, dan durasi tidur menjadi 10-11 jam, serta mulai meninggalkan kebiasaan tidur siang. Anak juga dapat mengetahui alamat dan nomor teleponnya, bercerita dengan kalimat penuh, mengenali dan menulis huruf, serta menggambar sederhana dan berhitung.

 

Demikianlah tahap-tahap perkembangan anak. Ingatlah untuk rutin berkonsultasi dengan dokter, lakukan imunisasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dan berikan anak asupan yang baik untuk mendukung tumbuh-kembangnya, ya.

 

Salam,

KALBE e-Store