Nasi Merah vs Nasi Putih: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mengapa?


Nasi Merah vs Nasi Putih: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mengapa?

Nasi Merah vs Nasi Putih: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mengapa?

Jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh dan berat badan Anda, maka beras merah bisa menjadi pilihan terbaik. Meskipun sama-sama merupakan sumber karbohidrat, namun beras merah dan beras putih sesungguhnya berbeda, dan letak perbedaannya terdapat dalam kandungan gizinya.

Beras putih memang lebih banyak disukai karena rasanya yang lebih manis, namun ternyata beras merah lebih banyak mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Agar lebih jelas lagi, simak penjelasan berikut ini, ya :

 

Beras merah merupakan sumber selenium yang dapat memperbaiki DNA, dan mengatur hormon tiroid. Satu cangkir beras merah mengandung 27% selenium, sedangkan pada beras putih hanya terkandung 17% saja.

 

Beras merah mengandung magnesium sebesar 21%, sedangkan beras putih hanya mengandung 5% saja. Magnesium berfungsi untuk kesehatan tulang pada tubuh kita.

 

Beras merah mengandung mangan hingga mencapai 88%, sedangkan beras putih hanya 37% dari nilai harian yang dibutuhkan. Mangan merupakan komponen penting dari enzim, dan merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

 

Sebuah studi dari British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa, karbohidrat kompleks yang terdapat dalam beras merah mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga mampu mengurangi asupan kalori hingga 320 kalori setiap harinya. Selain itu, beras merah mengandung serat yang lebih tinggi, sehingga lebih baik bagi program diet yang sedang Anda jalankan.

 

Beras merah pun mengandung indeks glikemik yang rendah, yang berguna untuk mengatur kadar gula darah dan produksi insulin dalam tubuh.

 

Meskipun rasa dan tekstur beras merah tidak terlalu banyak disukai, namun jangan pernah sekali-sekali menilai dari penampilannya saja. Terlebih, kini Anda sudah mengetahui kandungan gizi dan kelebihan beras merah terhadap kesehatan tubuh, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, mengonsumsi karbohidrat kompleks, salah satunya adalah beras merah, juga mampu mengatasi masalah sembelit pada sistem pencernaan tubuh manusia, lho. Jadi, kenapa tidak kita gantikan saja beras putih dengan beras merah? Jika lidah Anda sudah terbiasa, citarasanya sebenarnya tidak kalah dengan beras putih, lho.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store