Musim Hujan: Mandi dengan Air Dingin atau Hangat?

Musim Hujan: Mandi dengan Air Dingin atau Hangat?

Memasuki akhir tahun, rata-rata seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami musim hujan. Sehingga Anda akan merasakan udara yang lebih dingin karena curah hujan. Kondisi ini juga membuat Anda bingung dalam memilih mandi menggunakan air hangat atau air dingin. Walaupun memang pasti pilihan Anda jatuh pada air hangat karena dianggap dapat memberikan kenyaman di udara yang dingin.

 

Memang menurut Profesor Dermatologi di Brown University, Eunyoung Cho, kucuran air hangat akan memberikan efek relaksasi dan nyaman bagi tubuh. Namun pada musim hujan dengan udara dingin, kulit Anda akan lebih cepat kering karena terjadi penurunan produksi minyak di tubuh. Padahal minyak tubuh memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan losion tubuh sesering mungkin untuk membuat kulit lebih lembab.

 

Selain itu, Profesor Cho juga menganjurkan agar tidak terlalu sering mandi menggunakan air hangat selama musim hujan. Sebab air hangat atau panas dapat membuat kulit menjadi cepat kering dan pecah-pecah. Hal ini terjadi karena air hangat mengangkat minyak natural dari tubuh Anda, sehingga kulit menjadi kesat.

 

alasan mandi air dingin selama musim hujan

 

Tidak hanya sekadar itu, Dr. Shin Woo Seob menambahkan air hangat bisa membuat tubuh sulit menghasilkan panas tubuh. Menurut Dr. Seob, orang yang merasa tubuhnya dingin biasanya suka mengunjungi tempat hangat seperti sauna. Memang ketika di sauna, tubuh menjadi nyaman dan peredaran darah menjadi lebih lancar. Namun setelah meninggalkan sauna, tubuh akan menggigil kedinginan. Hal ini terjadi karena ketika Anda berada di tempat hangat, tubuh tidak menghasilkan panas, melainkan melepaskan panas.

 

Keuntungan mandi air dingin di musim hujan

 

Dr. Seob melanjutkan, mandi air dingin pada musim dingin memang awalnya akan membuat tubuh menggigil. Tapi setelah selesai mandi dan keluar, tubuh akan langsung menghasilkan panas, sehingga Anda tidak merasa kedinginan lagi. Jika Anda melakukan cara yang menghasilkan panas seperti mandi air dingin di musim hujan, tubuh selalu hangat dan peredaran darah pada tubuh akan terus lancar. Selain itu, berikut ini ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mandi menggunakan air dingin.

1. Menjaga tubuh tetap sehat

Mandi dengan menggunakan air dingin juga bisa menjaga tubuh tetap sehat dan menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang salah. Memang walaupun pada awalnya terasa sulit karena kulit yang merasa kedinginan. Tapi jika dilakukan secara berulang-ulang, tubuh Anda dengan sendirinya akan terbiasa.

 

2. Meningkatkan kemampuan detoksifikasi

Mandi menggunakan air dingin dapat meningkatkan kemampuan kinerja tubuh dalam melakukan detoksifikasi. Hal ini penting bagi pasien yang telah mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap obat.

 

3. Membuat lebih terjaga dan segar pada pagi hari

Menurut Health Line, mandi air dingin dapat membantu Anda bangun di pagi hari. Sebab ketika semprotan air dingin mengenai tubuh, Anda akan merasa sedikit kejutan. Guncangan ini dapat meningkatkan asupan oksigen, detak jantung, dan kewaspadaan. Sehingga Anda dapat lebih terjaga pada pagi hari daripada saat mandi menggunakan air hangat.

 

4. Mengurangi nyeri otot

Apakah Anda melakukan aktivitas fisik yang berat sehingga dapat menyebabkan nyeri otot? Jika ya, mandi dengan air dingin dapat membantu dalam mengurangi nyeri otot. Hal ini karena air dingin memiliki sifat regeneratif, sehingga otot menjadi rileks dan membaik setelah melakukan latihan atau aktivitas fisik yang berat.

 

Tidak dianjurkan mandi air dingin saat kehujanan

 

Walaupun mandi dengan air dingin saat musim hujan memiliki beberapa manfaat, tetapi hal ini tidak dianjurkan bagi Anda yang basah sekali akibat terkena hujan. Lebih baik Anda mandi dengan menggunakan air hangat agar lebih baik dalam mengangkat kotoran akibat air hujan. Agar tubuh Anda lebih nyaman, Anda bisa minum Entrasol Quickstart setelah mandi ya Fams! Tentu Entrasol Quickstart yang diseduh dengan air hangat dapat memberikan kehangatan bagi Anda. Yuk, langsung saja pesan Entrasol Quickstart dengan mudah di sini.

 

bantu hangatkan tubuh selama musim hujan dengan Entrasol Quickstart

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.haibunda.com/moms-life/20191230171135-76-74369/manfaat-mandi-air-dingin-di-cuaca-hujan