Jangan Lakukan Hal Berikut Jika Ingin Mudik Lancar Meski Sedang Puasa

Jangan Lakukan Hal Berikut Jika Ingin Mudik Lancar Meski Sedang Puasa

Tantangan mudik sambil berpuasa memang tak bisa dibilang kecil. Rasa lapar dan haus yang mendera lebih besar. Begitu pula dengan godaan lain seperti amarah yang tak terbendung saat terjebak dalam kemacetan parah. Karena itu, butuh strategi khusus untuk bisa melalui perjalanan dengan lancar tanpa harus membatalkan puasa. Hal-hal yang bisa mengganggu mudik dan puasa Anda juga harus dihindari. Setidaknya, hal-hal berikut harus Anda waspadai agar puasa tetap lancar meski dalam perjalanan jauh.

 

Melewatkan Sahur

Jika Anda mudik di waktu pagi atau siang hari, sebelumnya Anda harus mempersiapkan diri dengan makan makanan bergizi di waktu sahur. Jangan sampai sahur ini terlewatkan. Makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Paling tidak, makanan tersebut harus lengkap dan tak hanya tinggi karbohidrat saja. Anda juga membutuhkan serat dan protein agar perut tidak cepat lapar.

 

Menyepelekan Tidur

Sebelum berangkat menuju ke kampung halaman, persiapan fisik benar-benar harus diperhatikan. Tubuh benar-benar harus dalam kondisi prima. Untuk itulah Anda perlu cukup istirahat sebelum mudik. Pastikan tidur Anda cukup. Untuk orang dewasa, durasi tidur yang ideal adalah selama 8 jam. Tapi karena waktu tidur Anda terpotong untuk sahur, usahakan untuk tidur lebih awal demi memenuhi kebutuhan tidur.

 

Makan Makanan Pedas dan Tinggi Lemak Saat Sahur

Makanan pedas memang menggoda. Begitu pula dengan makanan berlemak yang umumnya tampil dengan penampilan yang menggugah selera. Namun jika Anda hendak mudik, sebaiknya hindari makanan-makanan seperti ini saat sahur. Makanan pedas bisa memicu mual dan mabuk kendaraan. Sedangkan untuk makanan berlemak, ini bisa membuat Anda mudah mengantuk.

 

Puasa saat mudik sebenarnya tetap bisa dilakukan jika Anda melakukannya dengan benar. Mulai dari santap sahur hingga jelang berbuka, semuanya harus dilakukan dengan pertimbangan yang tepat. Makanan saat santap sahur pun memegang peranan penting. Hindari makanan yang kurang sehat. Makanlah makanan yang beragam dan bergizi seimbang. Jika hal tersebut masih dirasa kurang, tambahkan suplemen Blackmores untuk membantu menjaga kebugaran.

 

 

 

Salam,

KALBE Store