Mitos Seputar Susu Formula Anak

Mitos Seputar Susu Formula Anak

Susu formula anak, pro dan kontra yang menyertainya memang masih bisa kita jumpai hingga saat ini. Bahkan tak sedikit yang menentang keras susu formula pada anak. Berbagai pendapat banyak bermunculan lengkap dengan argumennya masing-masing. Namun apakah susu formula anak memang ibarat racun dalam kemasan susu?

 

Hingga saat ini perdebatan tersebut tidak sepenuhnya terbukti. Meski efek yang ditimbulkan cukup beragam, susu formula tak selalu menjadi pilihan buruk. Bahkan untuk anak usia tertentu, susu formula justru baik untuk pertumbuhan mereka. Inilah mitos susu formula anak yang terbukti tidak sepenuhnya benar.

 

Bayi yang Mengkonsumsi Susu Formula lebih Mudah Sakit

Mitos ini masih cukup banyak diyakini oleh sebagian orang. Banyak yang percaya bahwa pemberian ASI mampu menyalurkan antibodi sang ibu ke buah hatinya. Akan tetapi belum diketahui bagaimana jika sang ibu memiliki antibodi yang lemah. Apakah hal tersebut masih berdampak pada sistem imun bayi atau tidak juga belum terbukti.

 

Meski ASI memang baik untuk bayi, ada beberapa bayi yang minum ASI sering sakit, begitu pula sebaliknya. Di sisi lain, bayi yang minum susu formula juga tidak sedikit yang justru jarang sakit. Penelitian mengenai kaitan antara mengkonsumsi susu formula anak dengan sistem kekebalan tubuh ini belum sepenuhnya terbukti. Selain itu, masih ada beberapa faktor lain yang lebih menentukan daya tahan tubuh sang bayi.

 

Susu Formula Menyebabkan Bayi Obesitas

Dalam beberapa studi, ada indikasi bahwa bayi yang mengkonsumsi susu formula secara rutin memiliki kecenderungan mengalami obesitas. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi penelitian tersebut juga belum bisa disebut lengkap. Obesitas tidak hanya ditentukan oleh susu formula saja. Pola makan dan aktivitas juga memiliki andil besar.

 

Susu Formula tidak Membentuk Ikatan Batin Antara Ibu dengan Bayi

Sebenarnya korelasi antara ikatan antara ibu dan bayi tidak sepenuhnya terjalin karena susu yang mereka konsumsi. Hal ini lebih dipengaruhi oleh kedekatan sang ibu dan sang bayi dalam menjalani hari-hari. Jika ASI diberikan dengan cara diperah dan diberikan kepada bayi melalui botol, ikatan yang dimaksud tentu tidak sepenuhnya terbentuk dengan baik. Di sisi lain, jika pemberian susu formula anak dilakukan dengan mendekatkan diri kepada sang bayi, bukan tidak mungkin ikatan yang terbentuk juga sama kuatnya.

 

Manfaat susu formula anak sebenarnya sangat nyata. Hanya saja, pemberiannya memang harus dilakukan dengan tepat. Berkonsultasi dengan dokter juga perlu dilakukan. Bagi para ibu yang sedang bingung mencari susu formula anak yang teruji, Morinaga Chil-Kid juga bisa jadi pilihan.

 

 

Salam,

KALBE Store