Minuman untuk Membersihkan Ginjal

Minuman untuk Membersihkan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah. Tidak hanya itu, ginjal bisa melindungi dari racun, hingga mengontrol mineral yang masuk ke tubuh. Ginjal yang baik pastinya membuat tubuh menjadi lebih terjaga sehatnya.

 

Namun tanpa disadari, sebagian orang atau mungkin Anda sendiri memiliki kebiasaan yang kurang sehat. Di antaranya seperti makan sembarangan, atau kurang asupan cairan. Hal itu bisa mempengaruhi kesehatan ginjal. Akibatnya, ginjal rentan terkena infeksi dan berisiko mengalami gagal ginjal.

 

Untuk mencegah ginjal menjadi rusak, Anda perlu membersihkannya dengan memperbanyak asupan cairan. Tidak hanya air putih, ternyata ada juga minuman yang bisa menyehatkan ginjal. Selain menyehatkan, rasanya bisa membuat tubuh lebih segar. Ini dia lima minuman segar dan sehat yang dapat membersihkan sekaligus meningkatkan fungsi ginjal:

 

1. Jus nanas

 

 

 

jus nanas baik untuk kesehatan ginjal Anda

 

 

 

Di balik rasanya yang asam, ternyata nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi menjaga kesehatan saluran cerna, termasuk ginjal. Berdasarkan penelitian dari Mangalayatan University di India, enzim tersebut mampu menurunkan risiko iritasi ginjal sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah nanas juga bisa meningkatkan kekebalan dan menghindari racun berbahaya pada tubuh Anda.

 

2. Air kelapa

 

Lebih dari 94 persen kandungan air kelapa adalah air. Dengan kandungan elektrolit yang tinggi, air kelapa dapat membantu menghancurkan mineral seperti kalsium yang menempel di ginjal. Ditambah dengan adanya antioksidan, ginjal akan terbebas dari radikal bebas dan racun.

 

3. Jus anggur

 

Rasa anggur yang segar ternyata bisa membuat ginjal lebih sehat. Alasannya, anggur memiliki kandungan resveratrol yang fungsinya mirip dengan antioksidan. Hal itu didasari oleh penelitian dari Nephrology Dialysis Transplantation tahun 2016. Konsumsi makanan tinggi resveratrol juga terbukti bisa menurunkan infeksi di ginjal.

 

4. Jus apel

 

 

 

cegah infeksi ginjal dengan jus apel

 

 

 

Berdasarkan jurnal dari The National Kidney Foundation, apel bisa digunakan untuk membersihkan ginjal karena kandungan pektin di dalamnya. Untuk diketahui, pektin adalah serat yang bisa menurunkan kolesterol, dan glukosa dalam darah. Apel juga tinggi kandungan vitamin C, yang bersifat antioksidan. Sehingga apel bisa membersihkan ginjal dari radikal bebas dan antioksidan.

 

5. Jus seledri

 

Rasa jus seledri bagi sebagian orang memang terasa kurang enak dan beraroma pekat. Tapi ternyata jus seledri bisa membantu proses detoks dengan mengeluarkan racun yang mengendap di ginjal. Jika diolah menjadi jus, seledri bisa membantu membersihkan mineral yang ada di ginjal. Alasannya, kandungan air dalam seledri juga mencapai 95 persen sehingga baik untuk membersihkan ginjal.

 

 

Itulah minuman yang baik untuk membersihkan ginjal. Yuk silahkan Anda mencoba membuat minuman-minuman tersebut. Dan ingat untuk tetap banyak mengonsumsi air dan menjaga pola hidup sehat. Hindari juga mengonsumsi minuman bersoda atau kafein karena keduanya dapat merusak ginjal Anda. Pola hidup sehat ini berlaku untuk Anda yang masih sehat ataupun bagi pasien ginjal walaupun harus mengikuti anjuran dari dokter ya. 

 

Nah, khusus untuk pasien dengan gangguan ginjal pre dialisis (belum cuci darah) dapat juga lho mengonsumsi Nephrisol untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Nephrisol juga dilengkapi asam amino esensial dan non esensial yang sesuai dengan kebutuhan pasien dengan gangguan ginjal pre dialisis. Bila Anda telah memasuki tahap cuci darah, penuhi kebutuhan nutrisi dengan Nephrisol-D. Sebab Nephrisol-D lengkap nutrisi dan tinggi protein untuk mengganti protein yang hilang akibat cuci darah. Yuk pasien penyakit ginjal dan gagal ginjal, tetap semangat menjalankan terapi bersama Nephrisol dan Nephrisol-D! 

 

 

 

nutrisi untuk pasien ginjal dengan cuci darah

 

Anda bisa mendapatkan Neprhisol dengan mudah di sini! Dapatkan juga Nutrisi Gangguan Penyakit Ginjal lainnya di KALBE Store. Karena KALBE Store Menjual Nutrisi Gangguan Penyakit Ginjal Online terbaik.

 

Salam,

KALBE Store

 

 

 

 

 

Sumber:

 

https://kumparan.com/kumparanfood/5-minuman-sehat-yang-cocok-untuk-bersihkan-ginjal-1s0IpB7qgdH