Minuman Sehat untuk Tingkatkan Kecerdasan


Minuman Sehat untuk Tingkatkan Kecerdasan

Minuman Sehat untuk Tingkatkan Kecerdasan

Tahukah Anda, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, minuman sehat yang mengkombinasikan buah dan sayur ternyata dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan kita, lho. Bagaimana caranya? Yuk kita simak penjabarannya satu persatu.

 

Jus dengan vitamin C. Sebagai antioksidan, vitamin C melindungi sel-sel otak dari stress oksidatif (stress akibat radikal bebas yang mengakibatkan berbagai penyakit), dan mensintesis bahan-bahan kimia yang menyampaikan sinyal-sinyal ke sel-sel otak. Dengan begitu, kerja otak dalam mencerna informasi menjadi lebih optimal. Selain baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 juga menemukan bahwa, vitamin C mampu mencegah kematian sel-sel otak akibat mengalami kejang. Dapatkan vitamin C dari berbagai jus buah dan sayur, seperti jus dari buah sitrus, tomat, brokoli, kiwi, stroberi dan masih banyak lagi.

 

Jus dengan potassium. Potassium membuat sel-sel otak mengirimkan impuls saraf yang kemudian berfungsi untuk mentransmisikan informasi di antara sel-sel otak tersebut. Potassium dalam jumlah tinggi membuat lebih banyak oksigen dapat mencapai otak, sehingga merangsang aktivitas netral dan meningkatkan fungsi kognitif otak. Dengan kata lain, minuman sehat yang mengandung potassium dapat membantu fungsi otak Anda di bidang pembelajaran dan ingatan. Konsumsi potassium melalui jus buah dan sayur, misalnya jus alpukat, pisang, tomat, bayam, dan lain sebagainya.

 

Jus dengan lycopene. Lycopene menjaga fungsi otak dan melindunginya dari segala gangguan dengan cara mengikat jenis oksigen reaktif yang berbahaya dan dapat merusak DNA, protein dan lemak pada tubuh. Selain itu, lycopene juga berfungsi mengatur gen-gen yang mempengaruhi pertumbuhan otak. Sebuah studi menemukan bahwa, mereka yang mengalami gangguan memori ringan, serta penderita Alzheimer, memiliki kadar lycopene yang lebih rendah pada darah mereka. Jadi, yuk mulai mengonsumsi lycopene lewat jus buah dan sayur, misalnya jus tomat, jambu, semangka, pepaya, asparagus, kubis merah dan lain-lain.

 

Jus dengan vitamin K. Siapa bilang vitamin K hanya bermanfaat untuk tulang dan gigi? Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2013, seperti layaknya vitamin C, vitamin K sebagai antioksidan yang larut dalam lemak ternyata dapat membantu melawan terjadinya stress oksidatif, dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Tak hanya itu, vitamin K juga berperan besar dalam mengaktifkan protein-protein penting untuk memaksimalkan fungsi otak, memfasilitasi kecepatan otak dalam bekerja, serta meningkatkan fungsi kognitifnya. Nah, dapatkan manfaat baik vitamin K melalui minuman sehat, seperti jus buah dan sayur, misalnya jus yang terbuat dari sayuran berdaun hijau, seperti kale, bayam, dan brokoli, ya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store