Minum Susu Hamil Sebelum Kehamilan Apakah Boleh?

Minum Susu Hamil Sebelum Kehamilan Apakah Boleh?

Apakah Anda salah satu wanita yang sedang mempersiapkan diri untuk hamil? Jika ya, salah satu asupan yang perlu Anda konsumsi adalah susu hamil. Saat ini, di pasaran banyak sekali beredar susu khusus ibu hamil. 

Memang, kebutuhan gizi di masa kehamilan akan meningkat karena harus memberikan asupan untuk janin. Salah satu asupan gizi yang perlu dipertimbangkan adalah susu ibu hamil. Produk ini sudah difortifikasi sehingga baik untuk melengkapi kebutuhan gizi tersebut. Tapi, bolehkah minum susu hamil sebelum kehamilan?

Untuk diketahui, susu merupakan salah satu asupan yang dapat dikonsumsi oleh wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Sebab susu merupakan sumber kalsium, protein, vitamin D, fosfor, serta vitamin dan mineral penting lainnya. Zat gizi tersebut diperlukan untuk pertumbuhan tulang, gigi, otot, jantung, sistem saraf, dan fungsi pembekuan darah. Sehingga, sangat penting untuk dikonsumsi dalam mempersiapkan kehamilan.

 

bolehkah minum susu hamil sebelum hamil

 

Bagaimana bila susu untuk ibu hamil dikonsumsi sebelum hamil?

 

Susu hamil merupakan jenis asupan yang sudah difortifikasi sedemikian rupa untuk melengkapi kebutuhan gizi wanita yang sedang hamil. Biasanya susu ini juga ditambah mineral asam folat, zat besi, dan asam lemak esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan janin.

Secara prinsip, konsumsi susu hamil meski belum hamil tidaklah memberi efek buruk. Jadi intinya boleh-boleh saja. Untuk diketahui, susu merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Kalsium mudah diserap tubuh dan protein berperan agar sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik, membangun dan memperbaiki diri. Namun juga perlu diketahui, susu hamil maupun susu biasa hanya bersifat sebagai pelengkap, bukan pengganti makanan sehat. Artinya, komposisi dan frekuensi makanan yang dikonsumsi sehari-hari lebih berperan dalam mempersiapkan tubuh untuk hamil. Meski semua gizi seolah hanya diperuntukkan bagi janin, Anda boleh saja mengonsumsinya sebelum kehamilan. Sebab mengonsumsi susu hamil sebelum kehamilan tidak akan memberikan efek buruk bagi tubuh Anda.

Kendalanya, rasa susu ibu hamil ini cenderung berbeda dengan rasa susu biasanya. Karena susu untuk ibu hamil mengandung zat besi tinggi. Protein dan kalsium pada susu begitu penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Kalsium juga berperan untuk kesehatan tulang dan gigi.

Sebenarnya, zat yang penting disiapkan sebelum hamil adalah asam folat. Zat ini sangat penting untuk pembentukan dan perkembangan saraf janin. Selain itu, asam folat berperan untuk menjaga kadar hemoglobin (kepekatan darah) pada angka yang normal. Umumnya, asam folat dikonsumsi sejak 3 bulan sebelum mulai hamil sampai masa hamil selesai dengan dosis 400 mikrogram (ug) per hari. Sebab makanan yang dikonsumsi memengaruhi kecukupan gizi, fungsi sel, fungsi hormon, dan tingkat kesuburan seorang wanita. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk untuk menjalani pola makan dan pola hidup sehat selama persiapan kehamilan.

Kesimpulannya, Anda boleh saja mengonsumsi susu hamil sebelum kehamilan. Namun sekali lagi, susu hanya bersifat sebagai penunjang. Bukan sumber gizi utama. Karena yang utama adalah menerapkan pola makan dan pola hidup sehat. Untuk melengkapi kebutuhan penunjang tersebut adalah menerapkan pola makan dan pola hidup sehat.

 

Lalu jenis susu apa yang sebaiknya diminum saat mempersiapkan kehamilan?

 

Adapun susu yang lebih cocok dikonsumsi dalam masa mempersiapkan kehamilan dan meningkatkan kesuburan adalah produk susu yang kaya lemak menurut penelitian Academy of Nutrition and Dietetics. Sedangkan, berdasarkan riset dalam jurnal Human Reproduction dijelaskan bahwa konsumsi makanan olahan susu dan susu rendah lemak bisa meningkatkan risiko tidak subur. 

Sedangkan, makanan olahan susu mengandung lemak tinggi dapat menurunkan risiko tidak subur. Penelitian membuktikan, seorang wanita yang minum satu atau lebih porsi susu tinggi lemak dalam sehari, ternyata berpeluang sebesar 27% lebih subur daripada wanita yang tidak mengonsumsi susu tinggi lemak. Untuk diketahui, lemak diperlukan untuk merangsang dan menjaga fungsi sistem reproduksi, khususnya ovarium.

Jadi, susu rendah lemak bisa mengganggu keseimbangan hormon pada wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Susu rendah lemak ternyata dapat mengurangi kadar estrogen dan progesteron yang terikat juga pada lemak, sehingga menimbulkan ketidakseimbangan hormon untuk mencapai pembuahan. 

Jika Anda sedang mempersiapkan kehamilan dengan minum susu sebanyak 1-2 gelas per hari, maka bukan berarti dapat memilih makan tinggi lemak lainnya kapanpun. Anda sebaiknya menghindari asupan kalori harian karena bisa mengganggu keseimbangan lemak di dalam tubuh. Perlu Anda ketahui juga, lemak berlebih dalam tubuh juga dapat menyebabkan seseorang tidak subur. Apalagi bila seorang wanita sudah mencapai kelebihan berat badan hingga obesitas.

Terlepas dari itu, komposisi dan frekuensi makanan yang Bunda konsumsi sehari-hari lebih berperan dalam mempersiapkan tubuh untuk hamil. Dengan kata lain, sebenarnya susu itu sebagai pelengkap atau suplemen dan bukan pengganti makanan sehat.

Kemudian, untuk bisa hamil tidak semata-mata tergantung dari konsumsi susu kaya lemak dan asupan makanan bergizi. Istri dan suami juga perlu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pastikan berat badan dalam kondisi normal, tidak merokok, istirahat cukup, tidak stres dan sebagainya. Selain itu, perlu dipertimbangkan juga 

faktor genetik dan riwayat penyakit yang dimiliki. Bila Ibu sudah rutin minum susu kaya lemak agar cepat hamil namun tidak kunjung kelihatan hasilnya, segera konsultasi dengan dokter. 

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan kehamilan, Prenagen Esensis bisa menjadi pilihannya. Karena Prenagen Esensis adalah susu program hamil yang dikhususkan bagi calon ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Susu rendah lemak untuk persiapan hamil ini sangat disarankan dikonsumsi ketika ibu ingin meminang momongan dalam waktu dekat. Nutrisi lengkap dalam susu program kehamilan ini akan menjaga kesehatan reproduksi calon ibu. Dengan demikian, kesehatan reproduksi calon ibu terjaga dengan baik. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, kesuburan sang ibu pun akan lebih optimal sehingga lebih memungkinkan kehamilan terjadi.

 

susu persiapan kehamilan

 

Yang membuat susu ini cocok sebagai susu untuk program hamil adalah kandungan nutrisinya yang beragam dan pas untuk kesehatan sang calon ibu. Susu persiapan hamil ini memiliki tiga kandungan paling penting, yaitu zinc, zat besi, dan asam folat. Dari kandungan tersebut khususnya asam folat sudah jadi bukti bahwa susu ini dikhususkan sebagai susu persiapan kehamilan.

Ketiga kandungan yang sudah disebutkan akan membantu organ reproduksi wanita jadi lebih subur. Selain itu, kandungan zinc dan zat besi sendiri bermanfaat sebagai penghambat penurunan imun dan berfungsi sebagai pembentuk kekebalan tubuh. Dengan demikian, calon ibu akan tetap dalam keadaan sehat. Sebab tubuh yang sehat akan mendukung terjadinya kehamilan. 

 

 

Yuk dapatkan susu Prenagen Esensis dengan mudah di KALCare E-Store. Dapatkan harga spesial untuk persiapan kehamilan lainnya di KALCare. Karena KALCare Menjual Produk Susu Ibu Terbaik.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

Prenagen.com

Orami.co.id