Merawat Diri, Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut

Merawat Diri, Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut

Rongga mulut dapat diibaratkan sebagai jendela tubuh, karena merupakan gambaran klinis dari keadaan tubuh sesungguhnya. Apakah itu merupakan kondisi berbahaya atau tanda adanya penyakit keganasan (kanker). Keadaan rongga mulut yang tidak baik pada dasarnya merupakan gambaran dari penyakit sistemik umum.

 

Sayangnya, pengetahuan tentang keadaan bagian tubuh yang ini sering kali diabaikan. Rongga mulut seakan-akan hanya dianggap sebatas bagian tubuh yang dilengkapi gigi untuk mengunyah.

 

Padahal, menjaga kesehatan mulut dan secara khusus rongga mulut adalah penting. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut (Sumber: Klikdokter.com):

 

Jika penyikatan gigi masih dirasa sulit, pembersihan gigi dapat dilakukan dengan menggunakan benang gigi (dental floss). Obat kumur juga cukup membantu, meski sebetulnya pembersihan secara mekanis seperti penyikatan gigi adalah yang paling utama. Berkumur dengan obat kumur saja tidak optimal untuk membersihkan plak gigi.

 

Selalu biasakan banyak minum air putih untuk merangsang aliran air liur (saliva) yang sangat penting bagi rongga mulut. Salah satu fungsi penting saliva adalah untuk membilas sisa makanan dari rongga mulut dan mendorongnya ke kerongkongan untuk ditelan. Mulut yang kering, saliva yang kental, apalagi ditambah dengan kebersihan gigi yang buruk akan lebih kondusif bagi pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi dan penyakit gusi.

 

Kurangi konsumsi makanan manis dan lengket. Jika merasa lapar, baiknya diatasi dengan cara tidak sering mengkonsumsi cemilan yang manis dan lengket, resiko karies makin meningkat. Lebih baik ganti cemilan ringan/snack dengan buah-buahan, misalnya apel atau pir.

 

Periksakan diri ke dokter gigi. Kontrol rutin ke dokter gigi adalah penting. Termasuk, membersihkan karang gigi secara rutin.

 

 

Salam,

KALBE Store