Bagaimana Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes?

Bagaimana Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes?

Ada yang menarik tentang hubungan antara berat badan dengan diabetes. Meski tidak selalu demikian, penderita diabetes umumnya juga memiliki masalah berat badan berlebih. Karenanya, menurunkan berat badan kerap menjadi salah satu solusi untuk menurunkan risiko penyakit yang satu ini. Tapi ada satu dilema yang harus dihadapi oleh para penderita diabetes. Mereka tidak bisa diet begitu saja. Kondisi tubuh mereka tidak memungkinkan untuk itu. Itulah kenapa dibutuhkan cara khusus untuk menurunkan berat badan sambil tetap menjaga kadar gula darah. Susu diabetes seperti susu Diabetasol jelas dapat membantu. Namun Anda juga harus menerapkan tips berikut agar diet Anda berjalan lancar.

 

1. Karbohidrat Kompleks Lebih Disarankan

 

diabetes

 

Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utamanya. Namun alih-alih mengonsumsi karbohidrat sederhana, penderita diabetes lebih dianjurkan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini juga kaya akan serat dan lebih lama dicerna. Selain itu, karbohidrat kompleks yang bisa dijumpai pada nasi merah, oat dan gandum juga mampu menjaga kadar gula darah.

 

2. Jangan Lupakan Sarapan

 

Menurut ahli di Seattle Sutton’s Healthy Eating and Certified Diabetes Educator, Amerika Serikat, sarapan sangat membantu untuk melancarkan program penurunan berat badan. Alasannya, sarapan bisa menahan rasa lapar di tengah hari sehingga terhindar dari asupan glukosa yang berlebih. Di samping itu, sarapan juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Ahli Seattle Suntton’s Healthy Eating and Certified juga membuktikan engidap diabetes yang tidak pernah melewati sarapan bisa mengurangi pengobatan diabetes mereka. Menariknya lagi, kadar gula darahnya pun turun sebesar 17 persen.

 

3.  Makan Teratur

 

Makan teratur

Diet bukan hanya sekedar mengurangi makanan. Ini adalah upaya untuk mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sangat disarankan untuk makan teratur sebanyak 3 kali dalam sehari. Penderita diabetes juga bisa mengonsumsi snack maksimal 2 kali dalam satu hari. Selain itu, tambahkan juga susu Diabetasol untuk membantu menjaga gula darah.

Baca juga: Makanan yang Wajib Ada Dalam Menu Diet Penderita Diabetes

 

4. Jaga Kalori Agar Tetap Stabil

 

kolesterol

 

Menjaga gula darah adalah kunci sukses diet untuk para penderita diabetes. Salah satu caranya adalah dengan menjaga asupan kalori setiap harinya. Ini bisa dilakukan dengan mengontrol porsi kalori di setiap jam makan dan membatasi konsumsi makanan atau minuman manis. Minum juga susu Diabetasol untuk membantu menstabilkan gula darah.

 

5. Rutin Berolahraga

 

Meski sudah menerapkan diet sehat, tapi tanpa dukungan dari olahraga rasanya amat sulit untuk memangkas berat badan. Olahraga juga termasuk tips untuk menurunkan berat badan yang sangat baik. Aktivitas fisik yang baik yang bisa kamu coba seperti latihan aerobik dengan intensitas sedang. Latihan fisik ini amat membantu untuk menyingkirkan lemak-lemak jahat, lho. Kamu bisa kok melakukannya secara teratur 3—5 kali per minggu selama 30—45 menit.

 

6. Cek Berat Badan Secara Teratur

 

Cara sederhana ini bisa membantu dirimu untuk mengetahui sejauh mana proses penurunan berat badan berlangsung.Anda bisa cek berat badan dengan menimbang badan. Atau juga bisa lewat mengukur lingkaran pinggang dan perut.

Kata ahli, pemantauan berat badan secara teratur ini merupakan bentuk pemantauan dan pertanggungjawaban diri. Pemantauan diri yang konsisten ini dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan.

 

Baca juga: Zat Gizi yang Diperlukan oleh Pasien Diabetes

 

Diet para penderita diabetes memang lebih menantang dibandingkan diet pada umumnya. Anda tidak bisa sekedar mengurangi porsi makan atau menerapkan gaya hidup sehat orang biasa. Bahkan meski olahraga juga masuk ke dalam menu diet Anda, olahraga yang dilakukan pun tidak boleh terlalu menguras tenaga. Semua itu dilakukan agar gula darah Anda tetap stabil. Untuk itu, minum susu diabetes jelas akan sangat membantu. Konsumsi susu Diabetasol secara rutin. Dengan cara ini, Anda bisa menurunkan berat badan dengan tetap menjaga kestabilan gula darah.

 

 

Diabetasol-Susu Vanilla-180 gram

 

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk susu Diabetasol melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

Kompas.com, 7 Cara Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/14/090500923/7-cara-menurunkan-berat-badan-untuk-penderita-diabetes. Diakses pada 6 Juli 2021.

Health Detik.com. Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Pasien Diabetes https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3717969/tips-menurunkan-berat-badan-bagi-pasien-diabetes. Diakses pada 6 Juli 2021