Menu Sarapan Terbaik untuk Menjaga Berat Badan Ideal


Menu Sarapan Terbaik untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Menu Sarapan Terbaik untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Untuk memiliki dan mempertahankan berat badan ideal, Anda perlu memperhatikan gaya hidup dan pola konsumsi makanan Anda sehari-hari, termasuk waktu dan jenis makanan yang Anda makan.

 

Karena kesibukan yang padat, tak jarang seseorang melewatkan waktu sarapan, dan “membayar hutang” dengan cara melipatgandakan porsi makan siang. Padahal, cara tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh, dan berat badan Anda. Sebab, pada pagi hari, gula darah dalam tubuh menurun ke tingkat yang paling rendah, sehingga tubuh perlu menggantinya dengan melepaskan zat gula yang sebelumnya disimpan pada sel-sel otot dan liver. Saat Anda sarapan, maka gula darah dapat kembali pada tingkat normal, dan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

 

Delapan hingga sepuluh jam setelah makan malam merupakan waktu yang tepat untuk sarapan, sebab tubuh tetap memiliki banyak waktu untuk melakukan proses metabolisme, dan telah siap kembali menerima asupan gizi pertama di pagi hari.

 

Untuk jenis makanannya, buah, baik yang disajikan dalam bentuk utuh atau diolah menjadi bentuk jus dengan ampas, adalah menu sarapan yang dianjurkan. Salah satu rekomendasinya adalah buah pisang. Anda dapat mengonsumsi buah pisang guna memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat, vitamin C dan B6, magnesium, serta potassium.

 

Jika merasa belum kenyang, Anda bisa melanjutkan dengan mengonsumsi glukosa atau karbohidrat kompleks, seperti yang terkandung pada roti gandum, oats, atau sereal, untuk meningkatkan kemampuan memori otak. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak dan memori akan terganggu. Akibatnya, tubuh bisa menjadi lemas, dan Anda akan sulit konsentrasi pada pekerjaan dan pelajaran Anda di pagi hari.

 

Selain anjuran di atas, Anda pun bisa memilih sarapan dengan seporsi sereal dan susu rendah lemak, atau telur rebus berukuran besar yang mengandung 70 kalori, dan dapat memenuhi 13% kebutuhan protein harian. Anda pun dapat mencoba membuat omelet yang terdiri dari campuran tomat, keju rendah lemak dan bayam, agar perut terasa kenyang lebih lama. Pilihan lainnya, Anda dapat mengonsumsi roti gandum isi keju rendah lemak, ataupun sepiring nasi merah dan telur dadar yang dilengkapi dengan irisan tomat atau daun selada.

 

Pada intinya, penuhi sebagian kebutuhan harian Anda akan karbohidrat kompleks, vitamin, mineral dan protein melalui menu sarapan. Anda dapat menambahkan kekurangan nutrisinya melalui menu makan siang atau makan malam. Dengan makan teratur, Anda dapat menjaga berat badan ideal, bahkan menurunkannya – jika perlu.

 

 

 

Salam,

KALBE Store