Menu Sahur Ini Akan Membantu Anda Kenyang Lebih Lama


Menu Sahur Ini Akan Membantu Anda Kenyang Lebih Lama

Menu Sahur Ini Akan Membantu Anda Kenyang Lebih Lama

Demi bisa bertahan hingga waktu berbuka, waktu sahur banyak dimanfaatkan untuk makan banyak. Porsi karbohidrat pun ditambah. Namun apakah cara ini efektif untuk memenuhi kebutuhan energi harian? Makan lebih banyak tidak selalu menjadi jawaban. Makan sahur terlalu banyak justru bisa membebani sistem pencernaan. Sahur sebenarnya tak berbeda jauh dengan sarapan. Karena itu, yang terpenting di sini adalah makan makanan yang lengkap dan bergizi seimbang. Tapi agar rasa lapar tak lagi mengganggu puasa Anda, menu sahur di bawah ini bisa jadi pilihan.

 

1. Nasi Merah

Mungkin nasi merah bukan makanan favorit orang Indonesia. Bahkan tak sedikit yang merasa aneh dengan rasa yang dimilikinya. Tapi harus diakui, nasi merah adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Jenis karbohidrat ini lebih lama diproses dibandingkan nasi putih. Semua itu juga berkat kandungan serat di dalamnya. Dengan makan satu porsi nasi merah, perut akan terasa kenyang lebih lama.

 

2. Sayuran

Sayur mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seratnya juga cukup tinggi. Inilah yang membuat sayur bisa bertahan lebih lama di dalam perut. Hasilnya, Anda tidak akan mudah merasa lapar. Agar puasa berjalan lancar, pastikan untuk menambahkan sayur ke dalam menu sahur Anda.

 

3. Buah yang Banyak Mengandung Air

Makanan sehat dan seimbang adalah komposisi terbaik untuk menu sahur. Jadi tak hanya nasi, lauk dan sayur saja, Anda juga membutuhkan buah. Pilihlah buah yang banyak mengandung air. Selain kandungan vitamin, mineral dan seratnya yang baik mampu membuat perut tidak mudah lapar, kandungan airnya juga baik untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

 

Agar perut tidak mudah lapar selama berpuasa, Anda juga bisa membuat komposisi menu sahur sendiri. Komposisinya juga tidak terlalu rumit. Setidaknya, menu sahur harus mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat dan sedikit lemak. Namun agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, tambahkan juga makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Anda bisa menambahkan suplemen seperti Blackmores jika memang dibutuhkan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store