Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Mengalami Obesitas


Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Mengalami Obesitas

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Mengalami Obesitas

Terlalu kurus atau terlalu gemuk saat hamil sama-sama memiliki risiko. Risiko ini pun tidak hanya dialami oleh sang ibu namun juga berdampak pada janin. Misalnya saja pada ibu hamil yang mengalami obesitas. Risiko melahirkan bayi dengan berat badan berlebih semakin tinggi. Apalagi jika sang ibu juga memiliki masalah diabetes. Risiko menurunkan penyakit tersebut kepada sang buah hati juga semakin tinggi. Untuk itulah penting bagi ibu hamil untuk menjaga berat badannya. Menu makanan harian harus diperhatikan. Konsumsi susu ibu hamil juga tidak boleh sampai terlewat. Agar kenaikan berat badan tidak melampau batas, Anda bisa fokus pada menu makanan sehat.

 

Makanan Tinggi Karbohidrat Kompleks

Dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks jauh lebih sehat. Kandungan serat di dalamnya bisa membantu menekan keinginan untuk makan berlebih. Itulah kenapa jenis karbohidrat ini banyak direkomendasikan sebagai diet sehat. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain oat dan roti gandum.

 

Lauk Rendah Lemak

Harus diakui, lemak memang bisa membawa masalah kesehatan termasuk meningkatkan berat badan. Akan tetapi bukan berarti Anda bisa membuangnya dari menu makanan harian. Konsumsi saja lauk rendah lemak seperti ikan. Selain itu, ikan juga kaya protein yang sangat penting untuk membantu perkembangan janin. Anda juga bisa menemukan nutrisi yang sama pada susu ibu hamil.

 

Sayur dan Buah

Sayuran dan buah-buahan harus selalu ada dalam menu makanan Anda. Mineral dan vitamin di dalamnya sangat dibutuhkan untuk Anda dan janin. Beberapa jenis sayur yang banyak direkomendasikan untuk ibu hamil di antaranya adalah brokoli, bayam dan wortel. Sedangkan untuk buah, pilihlah jenis buah yang tidak banyak mengandung gula.

 

 

Meski mengalami obesitas, ibu hamil tidak boleh mengurangi porsi makanannya begitu saja. Kebutuhan nutrisi harian tetap harus terpenuhi, termasuk kebutuhan kalori dan lemak yang kerap menjadi momok kegemukan. Konsumsi susu ibu hamil pun penting. Karena dengan mengonsumsi susu hamil seperti Susu Prenagen secara teratur, ibu dan janin akan terhindar dari kekurangan gizi.

 

 

 

Salam,

KALCare