Menu Makanan Ini Baik untuk Cegah Kolesterol Jahat

Menu Makanan Ini Baik untuk Cegah Kolesterol Jahat

Banyak orang yang salah kaprah tentang kolesterol, dan menganggap perlu tindakan-tindakan ekstrem untuk dapat mencegah kolesterol meninggi. Padahal, hanya diperlukan perubahan gaya hidup dan menu makanan yang sederhana saja kok untuk bisa terhindar dari kondisi yang merupakan bibit dari berbagai penyakit serius ini. Perubahan gaya hidup, seperti lebih aktif bergerak misalnya dengan lebih memilih menggunakan tangga ketimbang eskalator atau lift, sudah bisa memangkas resiko Anda mengalami kolesterol tinggi. Apalagi, jika Anda juga mulai serius memperhatikan apa-apa saja yang Anda makan dan minum setiap hari. Tentunya, perubahannya akan semakin signifikan Anda rasakan. Lantas, makanan dan minuman apa saja yang direkomendasikan untuk bantu cegah kolesterol mengganggu kesehatan Anda?

 

Menu makanan yang dapat berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh Anda adalah makanan yang dapat memberikan asupan nutrisi seimbang pada tubuh. Sebaiknya, utamakan konsumsi sayur dan buah yang mengandung serat, dan kurangi konsumsi garam, gula serta lemak jenuh trans yang terdapat dalam daging, cemilan, junk food dan sumber lainnya.

 

Tenang saja, bukan berarti Anda harus menghentikan konsumsi daging kok. Namun, sebaiknya Anda memilih daging tanpa lemak untuk dikonsumsi, karena bagaimanapun, daging mengandung zat besi, seng dan vitamin B-12 yang baik bagi tubuh. Selain itu, hindari daging olahan seperti sosis, daging asap, dan lain-lain, serta kulit ayam, yang juga mengandung lemak yang tinggi. Nah, saat mengonsumsi daging, sebaiknya didampingi sayuran juga, seperti kacang-kacangan. Lalu, untuk asupan karbohidratnya, sebaiknya dipilih nasi merah, agar kandungan protein dan serat menjadi seimbang. Dibandingkan dengan daging, sebaiknya perbanyak konsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, tuna dan sarden. Perhatikan juga cara mengolahnya, ya. Sebaiknya, ikan dikukus atau dibakar, jangan digoreng, agar tidak menambah lemak.

 

Bagi Anda yang selalu sarapan, sebaiknya pilih roti gandum dan oatmeal yang mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, Anda pun akan merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi camilan.   Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan, dan menjadikannya menu camilan Anda, seperti buah mangga, apel, alpukat, blueberry, strawberry dan anggur, yang terbukti dapat menurunkan dan mencegah kolesterol.

Nah, yuk mulai sekarang, cegah kolesterol dengan memanfaatkan bahan-bahan alami secara rutin.

 

 

 

Salam,

KALBE Store