Menu Buka Puasa : Coconut Sugar Brulee


Menu Buka Puasa : Coconut Sugar Brulee

Menu Buka Puasa : Coconut Sugar Brulee

Saat berbuka puasa, pasti Anda suka menyantap makanan dan minuman yang manis. Ini sudah seperti tradisi yang umum dilakukan saat berbuka puasa. Tetapi, apakah manfaat mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa?

Pengaruh mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa

 

Puasa yang dijalankan hampir selama 14 jam membuat tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun dan beriko membuat tubuh kekurangan sumber energi. Maka Anda pun dapat merasakan lemas terutama pada waktu menjelang berbuka puasa.

 

Makanan yang mengandung karbohidrat di dalam tubuh akan diubah menjadi sumber energi dalam bentuk gula oleh insulin. Sehingga dengan tidak makan dan minum selama puasa, kadar gula darah pun juga akan ikut menurun. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis, diharapkan dapat menyeimbangkan kadar insulin sehingga meningkatkan produksi energi.

 

Namun, mengonsumsi makanan manis pun harus dibatasi dan dipilih jenis yang sesuai. Menurut Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick, batasan mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa hanya 5 persen dari total jumlah asupan kalori. Baru satu atau dua jam kemudian, Anda dapat mengonsumsi makanan berat.

 

Nah, kali ini KALCare akan memberikan referensi menu buka puasa manis dan menyehatkan. Kenapa sehat? Karena menggunakan produk dari H2 Health and Happiness, makanan sehat untuk anak & dewasa. Yuk langsung disimak resep Coconut Sugar Brulee berikut ini.

 

Coconut Sugar Brulee

 

Bahan:

100gr H2 Gula Kelapa di lelehkan, angkat, dan saring

200ml santan kental

200ml air

1 batang vanila, kerat bagian isinya

½ sendok teh garam

1 lembar daun pandan, simpulkan

2 kuning telur, kocok lepas

1 butir telur ayam, kocok lepas

 

Bahan topping :

Whipped cream secukupnya

H2 Gula Kepala secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Masukkan santan, air, vanilla, garam, dan panda ke dalam panci yang sudah berisi H2 Gula Kelapa cair, lalu masak hingga mendidih.
  2. Masukkan kocokkan telur dan kuning telur, aduk rata kembali, dan kemudian disaring.
  3. Tuang adonan ke dalam wadah yang tahan panas.
  4. Lakukan teknik waterbath atau rendam air dengan menyiapkan wadah lainnya yang lebih besar yang mampu menampung wadah berisi adonan. Kemudian isi wadah yang besar dengan air setengah bagian dari wadah adonan.
  5. Panggang keduanya dalam oven dengan suhu 130 derajat celsius selama 30-45 menit atau hingga matang.
  6. Angkat, lalu hias dengan whipped cream dan taburi dengan H2 Gula Kelapa.

 

Mudah bukan untuk membuatnya? Apalagi H2 Gula Kelapa mampu mengurangi penyerapan glukosa dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dapatkan H2 Gula Kelapa dengan mudah di sini. Sehingga Anda bisa beli makanan sehat lebih hemat & mudah di KALCare.

 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/ramadan/read/3537845/mengapa-dianjurkan-berbuka-puasa-dengan-yang-manis-ini-jawabannya