Menu Berbuka yang Aman Untuk Para Penderita Diabetes


Menu Berbuka yang Aman Untuk Para Penderita Diabetes

Menu Berbuka yang Aman Untuk Para Penderita Diabetes

Puasa adalah ibadah wajib umat Islam. Hanya kondisi-kondisi tertentu saja yang memperbolehkan seorang pemeluk agama Islam untuk tidak menjalankannya. Namun karena ada kerinduan akan ibadah puasa, mereka yang tak sepenuhnya sehat pun banyak yang memilih untuk berpuasa. Begitu pula dengan beberapa penderita diabetes. Akan tetapi sebelum menjalankan ibadah puasa, para penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Menjalankan ibadah ini pun hendaknya dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, termasuk berbuka dengan menu yang aman seperti di bawah ini.

  1. Berbuka dengan Buah Potong

    Buah Potong

    Daripada mengonsumsi jajanan manis, akan lebih baik bagi pada penderita diabetes untuk berbuka dengan buah-buahan. Pilih buah yang memiliki indeks glisemik rendah. Buah apel, pisang, jeruk dan pir adalah beberapa contoh buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Buah-buahan tersebut juga bisa dijus. Hanya saja, hindari campuran yang bisa memicu gula darah. Kurma juga baik untuk berbuka. Akan tetapi pilihlah kurma yang tidak mengandung gula tambahan.

  2. Karbohidrat Kompleks Sebagai Makanan Utama

    diabetes

    Jenis karbohidrat terbaik untuk penderita diabetes adalah jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini biasa dijumpai pada nasi merah, gandum dan biji-bijian. Kombinasikan dengan sumber protein seperti ikan, tempe, tahu atau daging lengkap dengan sayur-sayuran. Untuk sumber lemaknya sendiri, pilihlah jenis lemak yang sehat (lemak HDL) yang bisa diperoleh dari ikan.

  3. Minum Air Putih yang Banyak

    minum air putih

    Bagi penderita diabetes, minuman manis adalah pantangan. Meskipun penggunaan gula pengganti masih diperbolehkan, air putih tetaplah minuman terbaik untuk menjaga cairan dalam tubuh. Selama berpuasa, cairan dalam tubuh akan berkurang banyak. Karena itulah selama berbuka manfaatkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya.

  4. Jangan Makan Berlebih

    makan berlebihan

    Meski berpuasa, bukan berarti makan banyak itu baik. Saat berbuka pun sebaiknya jangan dijadikan momen untuk balas dendam. Makanlah secukupnya. Makan dengan porsi seperti biasa sebenarnya juga sudah cukup. Selain itu, kurangi gorengan. Gorengan seperti ini banyak mengandung lemak jenuh yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Puasa bisa dijadikan momen untuk memperbaiki pola makan, begitu pula untuk pada penderita diabetes. Akan tetapi, asupan nutrisi tetap harus diperhatikan. Mengonsumsi susu diabetes seperti susu Diabetasol pun bisa menjadi jawaban untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian dan menstabilkan gula darah.

 

Salam,

KALBE Store