Tips Menjaga Kestabilan Gula Darah Selama Kehamilan


Tips Menjaga Kestabilan Gula Darah Selama Kehamilan

Tips Menjaga Kestabilan Gula Darah Selama Kehamilan

Apapun akan dilakukan demi menjaga kesehatan sang janin. Bisa dibilang, itulah yang menjadi prioritas ibu hamil. Akan tetapi menjaga kesehatan selama kehamilan tidak sesederhana itu. Perubahan besar yang terjadi pada tubuh sering kali menantang komitmen yang telah dibangun. Bahkan sekedar makan makanan sehat dan susu ibu hamil saja bisa cukup menantang. Mual yang dirasakan bisa membuyarkan semuanya. Selama kehamilan, kondisi kesehatan juga harus dipantau secara rutin. Pemantauan kadar gula darah pun penting. Agar gula darah tetap seimbang selama kehamilan, berikut tipsnya.

 

Perhatikan Kenaikan Berat Badan

Sangat normal jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Akan tetapi jika kenaikan tersebut sudah melebihi angka normal, sudah sepatutnya Anda mulai waspada. Risiko diabetes semakin tinggi pada mereka yang memiliki berat badan berlebih. Dengan menjaga berat badan, di sisi lain Anda juga sedang menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang.

 

Terapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari sangat menentukan kadar gula darah. Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan gula, gula darah bisa meningkat. Kuncinya di sini adalah makan makanan sehat seimbang. Akan lebih baik lagi jika Anda mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi, susu ibu hamil bisa jadi pilihan.

 

Jaga Aktivitas Fisik

Meski sedang hamil, Anda tetap butuh bergerak. Lakukan saja aktivitas fisik seperti biasanya. Aktivitas fisik ini akan membantu menjaga kadar gula darah. Namun mengingat Anda sedang hamil, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri.

 

Kendalikan Stres

Ada korelasi antara stres dengan kadar gula darah. Saat Anda stres, gula darah cenderung mengalami peningkatan. Kenaikannya bahkan cukup tinggi. Ini tentu berbahaya bagi kesehatan Anda dan janin. Untuk membantu mengendalikan stres, cobalah untuk meditasi. Lakukan hal-hal yang menyenangkan. Anda juga bisa minum teh atau makan cokelat untuk membantu mengatasi stres.

 

 

Selain menjaga kestabilan gula darah, Anda juga harus memperhatikan angka kecukupan gizi. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar. Minum susu ibu hamil juga akan membantu. Namun untuk memperoleh kebaikan susu hamil, pastikan hanya memilih yang telah teruji seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store