Menjaga Kesehatan Anak Selama Musim Pancaroba


Menjaga Kesehatan Anak Selama Musim Pancaroba

Menjaga Kesehatan Anak Selama Musim Pancaroba

Bagi setiap orang tua, musim pancaroba adalah salah satu hal yang mengancam kesehatan anak mereka. Saat pergantian musim terjadi, maka tubuh pun beradaptasi. Pada musim pancaroba terdapat tiga kategori yang rentan terserang penyakit, yaitu lansia di atas 70 tahun, anak-anak, dan pasien penyakit kronis. Penyakit yang sering terjadi pun seperti flu, ISPA, penyakit saluran pencernaan, DBD, asma, gangguan kulit dan sakit mata. Nah, Ayah dan Ibu, simak tips berikut ini untuk menghindari penyakit pada anak selama musim pancaroba ya.

 

Pertama, pentingnya menjaga asupan gizi pada anak. Makanan yang ibu berikan harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin, dengan komposisi 50-70% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 10-15% protein. Perlu diperhatikan juga, asupan air guna menghindari dehidrasi pada tubuh. Selain itu, penting juga menjaga kebersihan makanan dan minuman, kebersihan badan, dan lingkungan si kecil. Contohnya, dengan membiasakan si kecil mencuci tangan menggunakan sabun. Kebiasaan baik ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit pada anak-anak secara signifikan lho.

 

Tak kalah pentingnya, istirahat atau tidur yang cukup dan teratur pada anak-anak. Dengan pola tidur yang tepat dan teratur, dapat membangun sistem imun yang kuat dan mampu menangkal penyakit. Tentunya, Anda juga perlu terus memberikan susu dan multivitamin kepada anak. Khasiat susu terbukti membantu menjaga kesehatan anak, namun pemberian multivitamin juga dapat membantu, meskipun tentu saja harus disesuaikan dengan saran dokter. Pada prinsipnya, jika asupan gizi anak cukup, maka pemberian multivitamin tidak perlu, karena hal ini dapat menambah beban kerja pada ginjal. Terakhir, ajak anak Anda berolahraga, karena olahraga dapat memperlancar peredaran darah, dan memperkuat sistem imun pada anak.

 

Demikian tips yang bisa Ayah dan Ibu terapkan untuk menjaga kesehatan anak selama musim pancaroba berlangsung. Jangan sampai musim pancaroba menurunkan semangat dan keceriaan anak selama bermain ya. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga!

 

Salam,

KALBE Store