Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

Kehamilan usia muda selalu memiliki dua sisi yang saling bertentangan. Di satu sisi ada rasa bahagia, di sisi lain ada rasa khawatir yang melanda. Pengalaman pertama seperti ini memang selalu mendebarkan. Karenanya, tak sedikit calon ibu muda yang sangat berhati-hati. Minum susu ibu hamil juga dilakukan demi memenuhi kebutuhan nutrisi.

Sebenarnya khawatir dengan kondisi kandungan memang baik. Akan tetapi jangan sampai kekhawatiran tersebut mengganggu kehidupan Anda. Selalu ada cara untuk menjaga kehamilan usia muda. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa diantaranya.

    • Menjaga Gaya Hidup

      Mengkonsumsi makanan bergizi dan susu ibu hamil saja tidak cukup. Jika gaya hidup buruk tidak segera diatasi, upaya yang Anda lakukan akan sia-sia. Kurangi kafein dan hindari minuman beralkohol. Begitu pula dengan rokok. Baik perokok aktif maupun pasif, resikonya sama. Jadi tidak cukup hanya dengan tidak merokok saja, Anda juga harus menghindari asap rokok.

    • Mengendalikan Berbagai Emosi yang Dirasakan

      Perasaan gembira hingga gelisah harus dikendalikan. Kekhawatiran yang terlalu berlebihan juga bisa memicu stress yang berdampak pada kondisi kesehatan ibu dan janin. Perubahan emosi yang tidak stabil memang kerap dialami oleh ibu hamil. Namun dengan menikmati prosesnya, emosi-emosi negatif pasti bisa teratasi.

    • Memperkuat Hubungan dengan Pasangan

      Peran pasangan juga sangat penting dalam menjaga kehamilan usia muda. Bagi ibu hamil, tidak ada salahnya mengungkapkan apa yang dirasakan kepada pasangan. Ungkapkan itu semua dengan jujur. Meski demikian, usahakan juga untuk mengungkapkan perasaan dengan cara yang baik. Selama masa kehamilan, komunikasi sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pasangan.

    • Periksa Kehamilan secara Rutin

      Memberi nutrisi melalui makanan sehat dan susu ibu hamil memang bisa membantu menjaga kondisi kesehatan sang ibu dan janin. Namun terkadang tetap ada beberapa hal yang hanya bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan. Karena itu periksa kondisi kehamilan secara rutin sejak trimester pertama. Pada trimester pertama, biasanya pemeriksaan dilakukan setiap 6 minggu sekali.

 

Menjaga kondisi kehamilan sebaiknya memang dilakukan sejak trimester awal. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui resiko gangguan kehamilan lebih awal dan mengatasinya dengan lebih mudah. Namun disamping itu, ibu hamil hendaknya memenuhi kebutuhan nutrisinya dan melengkapinya dengan mengkonsumsi susu ibu hamil. Ada banyak susu hamil yang bisa dipilih. Namun jika kualitas adalah prioritas Anda, pastikan selalu untuk memilih susu yang memang telah teruji seperti susu Prenagen Mommy Emesis.

 

 

 

Salam,

KALBE Store