Mengurangi Kecanduan Gadget? Begini Caranya!

Mengurangi Kecanduan Gadget? Begini Caranya!

Pada era teknologi saat ini, hampir setiap orang memiliki gawai atau gadget, terutama pada masyarakat urban. Nilai positif dari kepemilikan gadget meningkat karena memberikan kemudahan untuk mendukung segala aktivitas. Namun, tanpa disadari gadget membawa pengaruh negatif, yakni menyebabkan seseorang menjadi individualis.

 

Indonesia menduduki posisi ke-6 dalam daftar negara pecandu gadget terbesar di dunia menurut The Spectator Index. Berdasarkan data, ada sebanyak 236 juta masyarakat yang menggunakan gadget. Angka ini diperkirakan akan bertambah tiap tahunnya karena melihat fungsi gadget untuk mengakses informasi dari seluruh dunia.

 

Penggunaan gadget bisa membuat setiap orang menjadi sibuk sendiri dengan gadget masing-masing. Bahkan tidak menutup kemungkinan seseorang menjadi kecanduan. Nah, bagi Anda yang ingin mengurangi kebiasaan kecanduan gadget, yuk simak cara-cara berikut ini!

 

 

 

cara mengatasi kecanduan gadget

 

 

 

1. Mematikan notifikasi semua aplikasi

 

Sebenarnya rasa ingin tahu Anda akan meningkat ketika muncul notifikasi pada gadget. Sehingga secara otomatis setiap orang akan langsung membuka aplikasi tersebut dan menghabiskan waktu selama 15 menit atau lebih untuk membaca isi notifikasi tersebut. Tidak hanya itu, mungkin saja ada notifikasi dari aplikasi-aplikasi lain yang terus berdatangan sehingga tanpa disadari waktu Anda akan terbuang untuk kegiatan mengecek tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya mematikan notifikasi semua aplikasi yang terpasang pada gadget Anda.

 

2. Menonaktifkan internet sementara waktu

 

Koneksi internet membuat notifikasi dari aplikasi bermunculan. Agar notifikasi tidak masuk ke gadget Anda sebaiknya non-aktifkan paket data untuk sementara waktu. Mematikan koneksi internet ini sangat dianjurkan ketika Anda sedang mengerjakan suatu pekerjaan agar lebih cepat selesai, atau misalnya saat berkumpul dengan kerabat. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mematikan data internet minimal 30 menit sebelum tidur untuk mendukung kualitas istirahat.

 

3. Hapus aplikasi yang menyebabkan kecanduan

 

Sosial media bisa dikatakan sebagai faktor tertinggi penyebab ketergantungan gadget. Untuk itu Anda bisa menghapus 1 atau 2 sosial media yang membuat Anda ketagihan. Bila tidak ingin menghapus aplikasi tersebut, Anda dapat menentukan waktu ‘puasa sosial media’ selama beberapa waktu.

 

Mengurangi paparan sosial media juga dapat menghindarkan Anda dari dampak negatif seperti kecemburuan sosial. Sama dengan sosial media, aplikasi permainan juga bisa menyebabkan Anda menjadi tidak bisa lepas dengan gadget. Sehingga Anda perlu menghapus beberapa permainan untuk mengurangi kecanduan.

 

4. Simpan gadget di tas saat bepergian

 

Saat sedang bepergian terutama bersama keluarga atau teman, lebih baik Anda menyimpan gadget di tas ya! Dengan begitu, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bercengkerama dan dapat menciptakan momen yang lebih berkesan. Bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk mengunggah momen perjalanan di sosial media lho. Tentu saja hal tersebut tidak ada larangannya. Tapi kebiasaan menyimpan gadget saat bepergian dapat membuat Anda untuk mulai terbiasa tidak kecanduan dalam menggunakan gadget.

 

5. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

 

Saat Anda merasa bosan dan tidak ada pekerjaan yang harus dikerjakan, secara otomatis benda yang akan diambil adalah gadget. Padahal ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa bosan yaitu melakukan kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mengganti gadget dengan membaca buku, menonton film, atau bahkan berolahraga. Atau Anda bisa menyalurkan hobi seperti bermain futsal, menggambar, dan sebagainya. Semua aktivitas tersebut perlahan-lahan akan membuat Anda larut ke dalam suasana sehingga lupa pada gadget.

 

6. Ingat dampak negatif gadget

 

Penggunaan gadget bisa memberikan dampak buruk bagi Anda, terutama kesehatan. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan otak akibat radiasi dari smartphone. Nah, mengurangi penggunaan gadget akan menurunkan risiko gangguan kesehatan. Sebaliknya, Anda sebaiknya menggunakan gadget saat diperlukan saja ya.

 

Mengurangi kecanduan gadget bukan berarti Anda menutup diri terhadap perkembangan teknologi atau informasi dari dunia luar lho. Tetapi jika Anda memiliki manajemen yang baik dalam penggunaan gadget, tentu bisa meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Mengurangi kecanduan gadget juga bisa mencegah risiko kerusakan mata Anda.

 

 

 

jaga kesehatan mata dari bahaya sinar biru gadget dengan Blackmores Lutein Vision

 

 

 

Maka dari itu, untuk Anda yang menggunakan gadget lebih dari 5 jam, dianjurkan untuk mengonsumsi Blackmores Lutein Vision. Suplemen dari Blackmores ini mampu melindungi makula yang bisa menjadi rusak akibat sinar biru yang dipancarkan oleh gadget. Yuk, mulai kurangi kecanduan gadget sebelum terlambat!

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

Sumber :

Cermati.com

Idntimes.com