Trik Menghindari Kekurangan Cairan Tubuh Saat Mudik


Trik Menghindari Kekurangan Cairan Tubuh Saat Mudik

Trik Menghindari Kekurangan Cairan Tubuh Saat Mudik

Tidak minum selama kurang lebih 13 jam tentu bisa memicu masalah dehidrasi yang cukup serius, terlebih jika Anda sedang berada dalam perjalanan. Namun karena sedang berpuasa, tentu Anda tidak bisa minum begitu saja. Mulai dari persiapan mudik hingga pelaksanaan, semua itu harus dilakukan dengan cermat. Begitu pula dengan konsumsi suplemen. Meski membantu menjaga stamina, memilih suplemen juga harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut trik untuk menghindari kekurangan cairan tubuh saat mudik.

 

Banyak Minum Air Putih Saat Sahur

Sebenarnya minum air putih sebanyak 2 gelas saat sahur memang sudah cukup. Namun jika sedang mudik, tentu ada langkah antisipasi yang harus diambil. Salah satunya adalah dengan minum lebih banyak air. Tidak perlu terlalu banyak. Setidaknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya, minum air putih juga jangan dilakukan dalam satu waktu. Agar bisa minum lebih banyak air, minumlah air putih secara bertahap saat sahur.

 

Tambahkan Buah yang Mengandung Banyak Air

Selain makan makanan yang tinggi karbohidrat kompleks, protein dan serat, jangan lupa juga untuk menambahkan buah ke dalam menu sahur Anda. Pilihlah buah yang banyak mengandung air seperti buah semangka atau melon. Selain membantu melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral, buah ini juga mampu memberi pasokan cairan dalam tubuh. Hindari juga makanan yang terlalu asin untuk memperlambat proses dehidrasi.

 

Hindari Mudik di Siang Hari

Daripada mudik di siang hari, akan lebih baik jika Anda mudik pada sore atau malam hari. Pagi hari juga bisa jadi waktu yang baik untuk mudik. Akan tetapi pertimbangkan waktu tempuhnya. Jangan sampai perjalanan Anda terlalu banyak berlangsung di siang hari.

 

Tantangan mudik sambil puasa memang lebih tinggi. Belum lagi kelelahan yang harus dialami saat menempuh perjalanan jauh. Namun dengan persiapan yang matang dan pelaksanaan mudik yang tepat, hal-hal yang tidak diinginkan termasuk badan lemas dan dehidrasi selama di perjalanan bisa ditekan. Untuk membantu menjaga stamina selama mudik, ada baiknya juga untuk mengonsumsi suplemen Blackmores sebelum memulai perjalanan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store