Menghentikan Kecanduan Rokok

Menghentikan Kecanduan Rokok

Rokok dan asap rokok mengandung  berbagai macam zat yang bersifat toksik pada tubuh. Di dalamnya juga terdapat zat-zat radikal bebas berbahaya seperti peroksinitrit, hidrogen peroksida, dan superoksida. Radikal bebas dalam rokok dapat merusak DNA dan organ tubuh, sehingga rokok menjadi salah satu penyebab terbesar tingginya resiko penyakit jantung, gangguan kehamilan, dan kanker.

 

Kandungan nikotin dalam rokok mengakibatkan efek kecanduan pada para perokok. Nikotin memicu pelepasan neurotransmitter ke otak secara terus-menerus dalam memberikan sinyal untuk terus merokok. Kecanduan ini tentunya dapat dikurangi dengan cara-cara berikut :

 

Perbanyak Minum Air Putih dan Susu

Kedua minuman ini dapat menetralkan racun, menstabilkan ph pada mulut, dan meredam rasa “ketagihan” dari merokok. Mencoba merokok setelah meminum susu, akan membuat mulut terasa pahit dan membuat mual. Maka keinginan merokok pun berangsur-angsur akan berkurang.

 

Siapkan Cemilan

Siapkan cemilan berupa buah-buahan, kacang-kacangan yang kaya akan vitamin C, E, Betakaroten, dan Flavonoid untuk meredam rasa “nagih” untuk merokok.

 

Antioksidan VS Rokok

Antioksidan sangat diakui untuk melawan pengaruh buruk radikal bebas dari rokok. Antioksidan antara lain berfungsi untuk mencegah kerusakan dengan menangkap dan menetralisasi radikal bebas, memecah rantai radikal bebas, serta menjaga daya tahan tubuh.

 

Sumber antioksidan superior Astaxanthin dan SOD-Gliadin dapat dikonsusmsi sebagai asupan tambahan untuk perokok pasif dan aktif. Bentuk spesial dari kedua kandungan ini dapat menembus kedalam sel dan melindungi DNA, protein, dan lemak baik, agar siklus tubuh tetap berjalan lancar.

 

Merokok tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan keluarga dan orang-orang disekitar anda. Mari berhenti dari sekarang.

 

 

Salam,

KALBE Store