Mengenal Perbedaan Antara Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa


Mengenal Perbedaan Antara Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa

Mengenal Perbedaan Antara Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa

Terkadang ada kebingungan di kalangan orang tua saat hendak memberikan susu kepada buah hati mereka. Kebingungan tersebut tak hanya berkaitan dengan susu apa yang baik untuk si kecil. Begitu pula saat memilih susu formula. Ada kerancuan pemahaman akan alergi susu dan intoleransi laktosa. Tak sedikit yang memahami perbedaan antara keduanya. Namun banyak juga yang menilai kalau keduanya sama. Sebenarnya apa sih alergi susu ini? Lantas apa itu intoleransi laktosa? Untuk mengetahuinya, berikut penjabaran singkatnya.

 

Alergi Susu

Alergi susu ini sebenarnya merupakan respons abnormal tubuh terhadap susu dan produk-produk olahannya. Susu yang kerap menjadi momok masalah ini adalah susu sapi. Alergi ini terjadi karena tubuh salah mengidentifikasi protein susu sebagai substansi berbahaya. Karena itulah, alih-alih menyerapnya, tubuh justru memberi respons perlindungan diri hingga mempengaruhi organ tubuh lainnya.

 

Mirisnya, sebagian besar susu formula yang beredar di pasaran terbuat dari susu sapi. Tapi reaksi alergi ini sendiri bisa dideteksi dari gejala yang biasa muncul. Beberapa gejala alergi susu yang biasa muncul diantaranya adalah mual, sesak nafas hingga muntah. Jika dibiarkan, gejala ini bisa berkembang menjadi diare, gatal-gatal, keram perut hingga bengkak pada bibir.

 

Intoleransi Laktosa

Berbeda dengan alergi susu, intoleransi laktosa sebenarnya lebih mengacu pada ketidakmampuan tubuh dalam mencerna laktosa karena tubuh tidak menghasilkan enzim laktase yang cukup. Karena itu,tingkat intoleransi laktosa sendiri cukup beragam sesuai dengan banyaknya enzim laktase yang diproduksi oleh tubuh.

 

Gejala intoleransi laktosa ini biasanya tak berbeda jauh dengan reaksi alergi susu sapi. Beberapa diantaranya adalah mulas, sakit perut, kembung, muntah dan diare. Karena sulit dideteksi hanya dengan pengamatan, baik alergi susu ataupun intoleransi laktosa memang membutuhkan pemeriksaan dokter.

 

Memilih Susu Formula yang Tepat Untuk Si Kecil

Meski alergi susu ataupun intoleransi laktosa membatasi si kecil untuk memperoleh nutrisi lengkap dari susu formula, sebenarnya ada alternatif untuk memperoleh nutrisi serupa tanpa harus memicu reaksi alergi dan intoleransi laktosa. Salah satunya adalah dengan memilih susu formula khusus seperti susu Soya ataupun susu bebas laktosa. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Namun saat memilih susu formula untuk si kecil, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kualitas dari produk yang hendak dibeli. Anda bisa memilih susu Morinaga untuk mendapatkan manfaat terbaik dari susu formula.

 

 

 

Salam,

KALBE Store