Mengenal Obesitas dan Bahayanya


Mengenal Obesitas dan Bahayanya

Mengenal Obesitas dan Bahayanya

Sejak tahun 1980 hingga 2016, terdapat peningkatan obesitas mencapai 2 kali lipat. Di seluruh dunia, tercatat sebesar 13% dari total populasi mengalami obesitas. Ini belum termasuk mereka yang kelebihan berat badan yang mana jumlahnya mencapai 39%. Di Indonesia sendiri, mereka yang mengalami kegemukan dan obesitas juga tak kalah tinggi. Namun bahaya di balik obesitas sebenarnya tak sebatas pada penampilan saja. Lebih dari itu, ada berbagai penyakit yang mengintai. Di sinilah peran diet dalam menjaga agar berat badan berada di angka idealnya.

 

Apa Itu Obesitas

Mereka yang gemuk tentu tidak bisa disebut memiliki masalah obesitas. Obesitas sendiri berada di atas kegemukan. Ini terjadi akibat penumpukan lemak yang terlalu berlebihan. Lantas bagaimana cara mengidentifikasi apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak?

 

Obesitas sendiri bisa diketahui dengan cara menghitung Body Mass Index (BMI). Rumus perhitungannya adalah dengan membagi berat badan (dalam kg) dengan tinggi badan (dalam m). Hasil pembagian inilah yang kemudian menentukan apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak.

 

Seseorang dikatakan memiliki berat badan ideal jika nilai BMI ini berada di rentang 18,5 sampai 25. Antara 25 sampai 30 disebut kegemukan. Namun jika nilai BMI tersebut lebih dari 30, seseorang bisa disebut mengalami obesitas. Di saat inilah urgensi melakukan diet semakin tinggi.

 

Bahaya obesitas sendiri tidak bisa dianggap enteng. Mereka yang mengalami obesitas memiliki risiko penyakit kardiovaskular, diabetes dan gangguan kesehatan lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan kenapa orang-orang yang mengalami obesitas umumnya juga memiliki masalah jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

 

Menurunkan Berat Badan dengan Diet dan Olahraga

Diet sehat adalah salah satu cara untuk mengembalikan berat badan tubuh di angka idealnya. Tak sekedar mengurangi porsi makan saja, penderita diabetes harus mengembalikan porsi tersebut ke porsi normalnya. Makanan yang dikonsumsi juga harus lebih sehat dan beragam. Olahraga pun harus dilakukan. Karena hanya dengan olahraga, kalori dan lemak dalam tubuh dibakar. Olahraga ini juga membantu membentuk otot tubuh dan membuatnya lebih kuat. Agar usaha diet Anda berjalan lancar, ada baiknya untuk menambahkan Slim & Fit dalam menu harian Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store