Mengenal Kebutuhan Nutrisi Remaja

Mengenal Kebutuhan Nutrisi Remaja

Jika Anda melakukan pencarian di dunia maya, banyak sekali artikel yang membahas mengenai nutrisi anak, namun tak demikian halnya dengan nutrisi remaja. Padahal, masa remaja amat penting diperhatikan, karena merupakan masa transisi antara masa anak-anak ke masa dewasa. Gizi seimbang pada masa ini akan sangat menentukan kematangan pola berpikir dan bersikap di masa depan. Pada masa remaja, sangat dibutuhkan perhatian khusus dalam pemberian makanan, agar status gizi dan kesehatan dapat tercapai.

 

Memasuki masa remaja, anak mengalami banyak perubahan, seperti terjadinya peningkatan berat badan, otot, serta pertumbuhan biokimia dan hormonal. Pertumbuhan ini terjadi, baik pada laki-laki maupun perempuan. Dengan pertumbuhan seperti itu, maka harus diimbangi dengan pola makan yang baik agar tidak terjadi masalah gizi. Masalah gizi yang sering terjadi pada masa remaja adalah anemia dan obesitas, sehingga diperlukan perhatian khusus. Seorang remaja, khususnya laki-laki, umumnya mempunyai nafsu makan yang sangat besar, sehingga sering mencari makanan tambahan dengan jajan di luar waktu makan. Sementara itu, para remaja cenderung menyukai makanan yang manis dan berlemak, padahal makanan tersebut berpotensi menyebabkan kegemukan.

Bagaimana cara mengetahui kebutuhan energi remaja?

 

Cara sederhana untuk mengetahui kebutuhan energi pada remaja adalah berdasarkan berat badannya (BB). Pada remaja perempuan usia 10-12 tahun, kebutuhan energinya sebesar 50-60 kkal/kg/hari. Sedangkan, perempuan usia 13-18 tahun sebesar 40-50 kkal/kg/hari. Sedangkan, pada remaja laki-laki usia 10-12 tahun, kebutuhan energinya 55-60 kkal/kg/hari. Pada remaja laki-laki usia 13-18 tahun sebesar 45-55 kkal/kg BB/hari.

Makanan apa saja yang bisa dikonsumsi remaja?

 

Para remaja harus dibiasakan makan beranekaragam jenis makanan, dan konsumsi sayur serta buah-buahan, agar kebutuhan nutrisi remaja tersebut tetap terjaga. Aktivitas tubuh sangat diperlukan untuk masa remaja, agar berat badan tetap terjaga, karena semakin banyak gerak atau melakukan aktivitas tubuh, seperti berolahraga, akan mempertahankan berat badan dalam kondisi normal. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan cara sesederhana berjalan kaki bila pergi/pulang dari sekolah, menggunakan waktu istirahat dengan beraktivitas dengan teman-teman, dan sebagainya.

 

Gizi seimbang bisa dipenuhi dengan makan makanan yang beranekaragam. Makanan yang beranekaragam yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan tubuh dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam ilmu gizi, terdapat triguna makanan yang terdiri dari makanan yang mengandung sumber tenaga, pembangun dan pengatur.

 

  • Makanan yang mengandung sumber zat tenaga ialah beras, jagung, ubi, kentang, sagu, roti dan mie. Makanan yang mengandung sumber zat tenaga digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

 

  • Makanan yang mengandung sumber zat pembangunan ialah tahu, tempe, telur, ayam, ikan. Makanan yang mengandung sumber zat pembangun digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

 

  • Makanan yang mengandung sumber zat pengatur terdapat pada sayur-sayuran dan buah, makanan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berperan untuk melancarkan fungsi organ-organ tubuh.

 

Jangan sampai Anda lalai memperhatikan nutrisi remaja. Selain melalui makanan padat, Anda juga bisa menambahkan susu sebagai pelengkap dari asupan makanannya setiap hari. Pilih susu yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkannya, seperti susu Zee yang tersedia di KALBE e-Store.

 

Salam,

KALBE e-Store