Mengenal Jenis Kolesterol dalam Tubuh

Mengenal Jenis Kolesterol dalam Tubuh

Saat mendengar kolesterol, apa yang terbersit dalam benak Anda? Bagi sebagian besar orang, kolesterol memang identik dengan hal-hal yang buruk seperti penyakit jantung, hipertensi dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Akan tetapi kolesterol sendiri sebenarnya tak selalu identik dengan hal tersebut. Dalam tubuh manusia, ada 2 jenis kolesterol yakni kolesterol baik dan jahat. Ada lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan keduanya.

 

Kolesterol Baik

Kolesterol baik atau yang juga dikenal dengan istilah HDL (High Density Lipoprotein) adalah jenis kolesterol yang baik untuk tubuh. Kolesterol ini membantu mencegah penyempitan pembuluh darah atau ateroma yang disebabkan oleh lemak. Penyempitan pembuluh darah inilah yang kemudian memicu berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

 

Kolesterol Jahat

Kebalikan dari kolesterol baik, kolesterol jahat inilah yang menjadi momok dari beberapa masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan lemak. Kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) ini adalah penyebab dari penyempitan pembuluh darah atau ateroma. Jika jenis kolesterol yang satu ini tidak dikontrol, lama kelamaan akan mengganggu kesehatan tubuh dan memicu gangguan kesehatan termasuk hipertensi dan penyakit jantung.

 

Kadar Normal Kolesterol

Untuk disebut normal, baik kolesterol baik maupun jahat ada tingkatannya sendiri. Misalnya saja pada kolesterol baik. Semakin tinggi tingkat HDL ini, semakin baik pula untuk tubuh. Ini karena dengan semakin tingginya tingkat HDL, risiko penyakit jantung pun semakin rendah. Karena itu, tingkat HDL ini setidaknya berada di angka 60 mg/dL. Jika sudah mencapai angka 40 mg/dL, Anda sudah harus waspada.

 

Di sisi lain, kadar kolesterol jahat atau LDL disebut normal jika berada di tingkat yang rendah. Normalnya, LDL ini berada di angka 100 mg/dL. Meski demikian, kadar LDL 100-129 mg/dL juga masih bisa disebut aman. Bahaya mulai muncul jika tingkat LDL ini sudah mencapai 160-189 mg/dL.

 

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

Saat kolesterol jahat berada di angka yang berbahaya, inilah saat di mana Anda harus mulai menurunkannya. Gaya hidup menjadi kunci. Menghindari makanan berlemak hanyalah salah satu cara untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Olahraga juga dibutuhkan. Untuk menurunkan kolesterol jahat, Anda juga memerlukan makanan tambahan seperti Nutrive Benecol.

 

 

 

Salam,

KALCare