Mengenal Jenis Anemia pada Ibu Hamil

Mengenal Jenis Anemia pada Ibu Hamil

Salah satu alasan pentingnya memilih susu terbaik untuk ibu hamil adalah untuk menghindari penyakit anemia. Penyakit kekurangan sel darah merah ini memang bisa dialami oleh siapa saja. Penyakit ini tak mengenal usia, bahkan bisa dialami oleh ibu hamil. Namun untuk membedakan, anemia pada ibu hamil ini kerap disebut dengan istilah anemia kehamilan. Gangguan kesehatannya sama. Hanya saja karena dialami oleh ibu hamil, resikonya bisa lebih besar.

 

Salah satu resiko anemia kehamilan ini adalah kelahiran prematur dan beresiko. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengalami anemia kehamilan juga memiliki berat lahir yang lebih rendah. Akibatnya, kondisi bayi lemah dan lebih mudah terserang penyakit. Bahkan dalam beberapa kasus, anemia kehamilan juga bisa mengancam ibu saat dalam proses melahirkan. Inilah kenapa mengkonsumsi susu terbaik untuk ibu hamil sangat dianjurkan. Anemia kehamilan sendiri ada beberapa jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis anemia pada ibu hamil.

 

Anemia Hemolitik

Anemia yang satu ini disebabkan karena penghancuran sel darah merah yang lebih cepat dibandingkan proses pembentukannya. Jenis anemia yang satu ini terbilang jarang terjadi di Indonesia. Namun jika mengalami gangguan ini, transfusi darah adalah satu-satunya jalan.

 

Anemia Megaloblastik

Anemia Megaloblastik disebabkan karena kekurangan asam folat. Anemia jenis ini juga cukup berbahaya jika tidak segera diatasi. Sama seperti Anemia Hemolitik, anemia jenis ini juga bisa diatasi dengan transfusi darah.

 

Anemia Hipoplastik

Penyebab dari Anemia Hipoplastik ini lebih berhubungan dengan obat-obatan, racun dan sinar ronsen. Pada anemia jenis ini, sumsum tulang tidak memiliki kemampuan untuk membuat sel darah merah baru. Anemia ini juga termasuk berbahaya. Karena itu, sang ibu membutuhkan transfusi darah hingga berulang kali.

 

Anemia Kekurangan Zat Besi

Bisa dibilang ini adalah salah satu jenis anemia yang paling sering dialami. Anemia ini disebabkan karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh dan kerap terjadi pada trimester pertama. Padahal, zat besi ini sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Untungnya tidak seperti ketiga jenis anemia sebelumnya, anemia jenis ini bisa diatasi dengan mengubah pola makan dan menambah konsumsi makanan yang banyak megandung zat besi.

 

Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, susu terbaik untuk ibu hamil diperlukan. Nutrisi yang ada di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Namun saat Anda mencari susu hamil yang tepat, ada Susu Prenagen yang bisa dijadikan pilihan.

 

 

 

Salam,

KALCare