Mengenal Beberapa Jenis Relaksasi Persalinan


Mengenal Beberapa Jenis Relaksasi Persalinan

Mengenal Beberapa Jenis Relaksasi Persalinan

Setiap wanita tentu menginginkan bayinya lahir dengan selamat. Namun lebih dari itu, keselamatan ibu dan bayi juga sangat penting. Risiko persalinan sendiri sebenarnya memang cukup besar. Namun risiko tersebut bisa ditekan dengan persiapan yang matang. Tak hanya sekedar memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan sehat dan susu ibu hamil, pemeriksaan rutin juga harus dilakukan. Selain itu, ada satu hal lagi yang juga turut berkontribusi dalam kesuksesan persalinan. Hal tersebut adalah relaksasi. Relaksasi membantu ibu hamil untuk tetap tenang dan lebih siap dalam menghadapi persalinan. Anda pun bisa melakukannya. Inilah beberapa jenis relaksasi persalinan yang bisa Anda terapkan.

 

Relaksasi Pasif

Jenis relaksasi yang satu ini terbilang mudah dan dapat dilakukan oleh ibu hamil seorang diri. Anda cukup berbaring di tempat yang nyaman atau mencari posisi lain yang menurut Anda nyaman, kemudian fokuskan pada area ibu jari dan kaki setelah itu kendurkan. Lakukan hal serupa pada area pergelangan kaki, betis hingga perineum. Hingga pada akhirnya, buat seluruh tubuh Anda terasa lebih relaks. Anda juga bisa melakukannya selepas minum susu ibu hamil.

 

Relaksasi Sentuhan

Jika relaksasi sebelumnya bisa dilakukan seorang diri, jenis relaksasi ini membutuhkan bantuan suami untuk melakukannya. Caranya pun sederhana. Anda bisa meminta suami untuk memberi sentuhan pada bagian-bagian yang terasa tegang agar terasa lebih relaks, misalnya saja pada bagian perut.

 

Perhitungan Relaksasi

Konsep dari relaksasi ini tidak berbeda jauh dengan saat Anda melakukan latihan pernafasan. Menarik nafas dengan hitungan lambat dan menghembuskannya dengan hitungan yang sama hingga tubuh terasa lebih relaks. Pada relaksasi ini, lakukan mulai dari kepala, leher sampai bahu. Selanjutnya lakukan yang sama pada lengan, tangan serta jari. Lakukan juga pada bagian tubuh lain seperti dada, perut, perineum, tungkai dan kaki.

 

 

Relaksasi membantu pikiran dan tubuh agar lebih relaks dalam menanti waktu persalinan. Tapi selama masa penantian, Anda juga harus selalu memperhatikan asupan makanan harian. Minum susu ibu hamil juga bisa membantu melengkapi kebutuhan tersebut. Namun jangan salah pilih. Pilihlah selalu susu yang memiliki gizi seimbang seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store