Mengatasi Insomnia di Tengah Pandemi


Mengatasi Insomnia di Tengah Pandemi

Mengatasi Insomnia di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, tidak sedikit orang yang mengeluhkan gangguan tidur selama PSBB yang mengharuskannya untuk diam di rumah. Padahal, pola tidur yang berkualitas di malam hari adalah salah satu aspek penting untuk daya tahan tubuh yang optimal. Saat imunitas baik, infeksi virus dan penyakit pun dapat dihindari. Di lain sisi, tidur yang cukup dapat memaksimalkan potensi Anda untuk menjalani hari dengan lebih baik walaupun di rumah saja.

Penyebab susah tidur, stres dan gelisah

Stres yang berlebihan adalah faktor utama seseorang tidak bisa tidur. Kondisi ini dapat meningkatkan respon sistem rangsangan tubuh, sehingga memicu insomnia. Perubahan kebiasaan seseorang juga ternyata dapat menyebabkan stres.

Penyebab susah tidur yang kedua adalah gelisah. Gangguan tidur yang satu ini dapat muncul karena pemberitaan covid yang Anda ketahui. Misalnya seperti info kekurangan tenaga medis, minimnya APD, angka kematian yang terus naik, hingga kondisi ekonomi yang kian memburuk.

Cara mengatasi insomnia selama pandemi covid

 

tips mencegah insomnia selama pandemi

 

1. Memikirkan hal-hal yang positif sebelum tidur

Sudah menjadi hal yang wajar jika Anda merasa sedikit cemas selama pandemi corona terjadi. Ditambah lagi dengan meningkatnya jumlah positif corona di Indonesia hingga hari ini. Padahal, pikiran-pikiran negatif tersebut dapat mengganggu kelancaran aktivitasmu dan mengakibatkan insomnia dan pola tidur yang tidak teratur. Coba ganti pikiran negatif tersebut dengan memikirkan hal-hal yang positif. Seperti bersyukur karena kondisi keluarga yang masih sehat hingga saat ini.

 

2. Kurangi stres

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stres dan perasaan cemas memberi kontribusi pada masalah tidur. Pastikan Anda memiliki sesuatu hal untuk dilakukan saat stres dan cemas melanda. Misalnya seperti melakukan latihan mindfulness, melatih teknik pernapasan, dan bercerita dengan teman atau tenaga profesional. Upayakan untuk tetap berpikir positif dan tidak mencemaskan apapun.

 

3. Menetapkan jadwal tidur dan bangun pagi

Karena berpikir bekerja dari rumah yang bisa lebih santai, Anda mungkin merasa tergoda untuk tidur larut. Namun, dokter menyarankan untuk bangun dengan alarm kerja normal Anda dan tidur di waktu tidur biasanya untuk membantu tubuh menjaga rutinitas tidurnya. Anda wajib mempertahankan jadwal tidur-bangun yang teratur. Meskipun kegiatan rutin sehari-hari dapat terganggu, tubuh tetap melakukan yang terbaik dengan rutinitas jika Anda terus tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

 

4. Olahraga teratur

Di rumah saja membuat Anda terlena untuk bersantai hingga akhirnya malas bergerak. Ubahlah kebiasaan tersebut dan mulai lakukan olahraga ringan di sore hari. Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga sore juga membantu Anda mencapai tidur yang lebih berkualitas.

 

5. Tidak menggunakan gadget 90 menit sebelum tidur

Saat malam, biasanya orang tergoda untuk bekerja lembur atau menonton serial terbaru dan membaca berita-berita yang membuat cemas. Apalagi aktivitas tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah hanya melalui gawai kesayangan. Aktivitas ini sebenarnya tidak baik lho. Dengan kebiasaan memainkan gawai sebelum tidur, tubuh akan terpapar cahaya biru ringan yang dapat mengganggu aktivitas tidur.

 

Jadi, cukup tidur sangat penting dalam usaha mencegah infeksi virus corona sekaligus penyakit lainnya. Kalau saat ini Anda mengalami gangguan tidur, segera cari tahu penyebabnya agar dapat cepat diatasi. Tapi, jangan panik dan makin stres. Sebab selain susah tidur, stres dapat membuat Anda mengalami gangguan lambung. Jika terjadi, Anda dapat mengatasi gangguan lambung dengan mengonsumsi H2 Zativa. H2 Zativa merupakan obat tradisional yang terbuat dari ekstrak jintan hitam, kunyit, dan temulawak. Sehingga H2 Zativa juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Anda bisa mendapatkan H2 Zativa dengan mudah di sini.

 

atasi gangguan pencernaan akibat stres dengan H2 Zativa

 

Yuk, bersama-sama saling mencegah timbulnya kepanikan selama pandemi covid-19 agar tidak stres. Lebih baik Anda berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Imbangi juga dengan mengonsumsi suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik dari KALCare. Sebab KALCare menjual suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh secara online agar Anda bisa belanja dari rumah saja.

 

Salam,

KALCare

 

 

 

Sumber:

 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3639844/susah-tidur-selama-pandemi-virus-corona-ini-kata-psikolog