Mengapa Tubuh Perlu Protein?

Mengapa Tubuh Perlu Protein?

Terkadang, kita hanya menerima dan menjalankan nasihat yang disampaikan oleh orangtua atau kaum sepuh kita, tanpa mencari tahu terlebih dulu fakta yang ada di baliknya, termasuk mengapa kita perlu mengasup makanan kaya protein. Nah, supaya kita lebih yakin untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan zat yang satu ini, simak dulu yuk penjelasannya di bawah ini.

 

Protein merupakan zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, setiap sel yang ada di dalam tubuh manusia memiliki struktur protein, termasuk sel-sel otot, hormon, enzim, dan antibodi. Itulah mengapa, kebutuhan protein sangat esensial dan wajib dicukupi, demi perkembangan dan pemeliharaan jaringan tubuh yang lebih baik, seperti proses pembekuan darah, mengatur keseimbangan cairan tubuh, serta penyaluran nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

 

Tubuh manusia membutuhkan protein untuk memastikan jaringan bekerja dengan baik, dan dapat memperbaiki diri apabila jaringan tersebut mengalami kerusakan. Walaupun protein sudah diproduksi secara alami di dalam tubuh, tetap saja kita memerlukan tambahan asupan protein dari luar. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan antara struktur protein yang dihasilkan tubuh dengan yang terkandung di dalam bahan-bahan makanan sehari-hari. Itu sebabnya, apabila pola makan kita sering kali kekurangan protein, dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan, seperti pengecilan massa otot. Sebaliknya, bila konsumsinya terlalu banyak, tidak akan menyebabkan penambahan protein sintesis.

 

Peran lain dari protein adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta untuk pembentukan hormon tubuh. Fungsi yang satu ini sangat bermanfaat, terutama saat tubuh diserang virus dan bakteri dari luar, maka sel-sel antibodi akan melindungi tubuh, dan mematikan virus tersebut, sehingga kita terlindungi dari wabah dan penyakit. Sedangkan, protein sebagai hormon akan membantu jalannya proses tertentu dalam tubuh. Hormon yang ada di dalam aliran darah akan menuju organ tertentu di mana dia dibutuhkan. Contohnya, untuk mengatur kadar gula dalam darah, maka tubuh akan memproduksi hormon insulin. Tentu saja, karena elemen-elemen pembentukan sel antibodi dan hormon ini adalah protein, maka zat ini tidak boleh sampai kekurangan di dalam tubuh, guna memastikan semua fungsi bagian-bagian tubuh terlaksana dengan sempurna.

 

Nah, sudah tahukan bagaimana pentingnya protein bagi tubuh? Sekarang, bagaimana dengan aturan konsumsinya? Meskipun manfaat protein sangat banyak, namun bukan berarti kita harus memfokuskan pola makan kita untuk mencukupi kebutuhan protein saja. Kita juga perlu tahu berapa takaran protein yang harus kita konsumsi. Di Amerika serikat, orang dewasa dianjurkan untuk memenuhi 10-35% porsi dari makanan sehari-hari dengan makanan yang mengandung protein. Jika dihitung-hitung (berdasarkan kebutuhan porsi makan normal), maka itu sama dengan 46 gram protein untuk wanita, dan 56 gram protein untuk pria. Anda bisa mencukupinya melalui kombinasi protein hewani (seperti yang terdapat dalam daging tanpa lemak dan telur) dan protein nabati (seperti yang terdapat pada sayuran dan kacang-kacangan).

 

 

 

Salam,

KALBE Store