Mengapa Tubuh Anak Butuh Kalsium?

Mengapa Tubuh Anak Butuh Kalsium?

Kalsium merupakan elemen krusial yang dibutuhkan untuk kesehatan dan perkembangan tubuh anak. Kalsium sangat dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang dan gigi, mendukung fungsi syaraf dan otot, membantu pembekuan darah, dan mengaktifkan enzim yang mengubah makanan menjadi energi. Sekitar 99% dari kalsium di dalam tubuh, tersimpan di dalam gigi dan tulang. Dan, karena tulang berkembang setiap saat, maka tubuh anak memerlukan supply kalsium yang cukup untuk tetap dapat menyokong perkembangan tubuhnya dengan baik.

 

Ketahuilah, anak usia dini dan balita yang tidak mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D (yang membantu penyerapan kalsium tubuh) memiliki risiko tinggi terkena penyakit rakitis. Rakitis adalah pelunakan tulang pada anak-anak, yang disebabkan oleh kekurangan atau gangguan metabolisme vitamin D, magnesium, fosfor atau kalsium. Kondisi ini berpotensi menyebabkan patah tulang, sakit pada otot, hingga kelainan bentuk tubuh, lho. Saat Anak memiliki kecukupan kalsium dan aktivitas fisik pada masa kecil dan remajanya, mereka dapat memulai hidup sebagai orang dewasa dengan struktur tulang yang kuat, yang tentunya akan sangat berperan saat ia mulai memasuki usia dewasa, di mana kegiatan dan aktivitasnya akan semakin padat.

 

Takaran kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh anak, menurut Institute of Medicine (IOM), pada usia 1-3 tahun adalah sebanyak 700 mg per hari. Sementara, untuk anak usia 4-8 tahun sebanyak 1000 mg per hari, dan anak usia 9-18 tahun membutuhkan sekurangnya 1300 mg kalsium per hari. Namun, yang harus Ibu perhatikan juga, untuk usia 1-8 tahun IOM merekomendasikan untuk tidak memberikan lebih dari 2500 mg  kalsium (setara dengan kurang lebih 8 gelas susu) sehari. Jika Anak adalah pecinta berat susu, pastikan dia tidak mendapatkan terlalu banyak kalori tambahan dari sekedar susu saja, yang bisa mengakibatkan tidak adanya selera untuk memakan makanan sehat yang lain.

 

Salam,

KALBE e-Store