Mengapa Junk Food Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Mengapa Junk Food Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Anda pasti tahu bahwa junk food dapat mengganggu kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Namun, tahukah alasannya, mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Salah satu alasan mengapa junk food tidak baik bagi kesehatan adalah, karena junk food mengandung kalori yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah secara tiba-tiba. Peningkatan gula darah tersebut dapat mengakibatkan meningginya risiko diabetes tipe 2, di mana tubuh menjadi kebal terhadap insulin.

 

Trans fat yang terkandung dalam junk food juga mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu, dalam junk food juga terkandung sodium (garam) yang tinggi, yang dapat menahan kadar air dalam tubuh. Jika tubuh menahan air belebihan, dapat menyebabkan terjadinya kembung dan bengkak, akibatnya lama-kelamaan akan terjadi kegemukan atau bahkan obesitas. Sodium berlebih dalam tubuh pun mampu meningkatkan tekanan darah, dan memperluas otot jantung, yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung di kemudian hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, anak-anak yang memiliki tingkat sodium tinggi dalam tubuhnya berisiko mengidap penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dengan tingkatan yang lebih tinggi, dibandingkan mereka yang tidak.

 

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Thorax juga menjelaskan bahwa, junk food mampu meningkatkan risiko penyakit paru-paru, seperti asma. Hal ini terjadi karena, junk food mampu menyebabkan seseorang menjadi obesitas, dan kondisi itu pada akhirnya membuat seseorang terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah gangguan pada sistem pernapasan dalam tubuhnya. Kandungan garam, daging olahan, nitrat dan MSG dalam junk food juga bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi, lho. Hal tersebut dijelaskan oleh US Public Health Nutrition, setelah menyimak studi yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

 

Junk food pun mampu memicu tumbuhnya jerawat dan kerusakan gigi, karena kandungan karbohidratnya tinggi. Ketika seseorang mengonsumsi gula dan karbohidrat, bakteria dalam mulut menghasilkan asam yang dapat merusak gigi, dengan cara merusak email yang melindungi gigi. Hal ini menyebabkan kesehatan gigi yang buruk. Nah, kesehatan gigi yang buruk pun ternyata berhubungan dengan kesehatan tubuh manusia pada umumnya.

 

Jadi, kini Anda harus berpikir ulang untuk memberikan junk food pada diri atau keluarga Anda, ya. Sebaiknya pilih makanan lain yang lebih sehat dan kaya nutrisi, yang diperlukan untuk kesehatan tubuh Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store