Mengapa Berenang Baik untuk Kesehatan Tubuh?


Mengapa Berenang Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Mengapa Berenang Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan dan mampu menjaga kesehatan tubuh tanpa harus mengeluarkan keringat. Dengan berenang, tubuh akan membakar sekurang-kurangnya 275 kalori/jam, atau setara dengan bersepeda dan jalan cepat. Menakjubkan, bukan?

 

Menurut Robert A. Robergs, Director of the Exercise Physiology Laboratories di The University of New Mexico, berenang merupakan latihan yang baik bagi seluruh anggota tubuh, dan memiliki tingkat risiko cedera yang lebih rendah, serta dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak terbatas oleh umur dan berat badan. Selain itu, studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Western Australia School of Sport Science menjelaskan bahwa, berenang mampu meningkatkan sirkulasi darah menuju otak, dan memperbaiki kesehatan vascular, serta fungsi kognitif.

 

Sementara itu, berenang menjadi semakin baik, karena air merupakan medium terbaik untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan aktivitas fisik tanpa memberikan tekanan atau cedera pada tubuh. Untuk lebih paham, yuk simak manfaat lainnya dari berenang berikut ini:

 

  • Berenang mampu berperan sebagai anti-aging yang dapat menghilangkan keriput pada wajah.

 

  • Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Steven Blais dari University of South Carolina, perenang memiliki tingkat kematian 50% lebih rendah dibandingkan dengan pelari, atau seseorang yang tidak pernah beolahraga.

 

  • Menurut studi dari The Children’s Exercise and Nutrition Centre di McMaster University, berenang adalah olahraga yang baik bagi penderita asma, karena mampu meningkatkan kapasitas paru-paru.

 

  • Melalui berenang, Anda pun dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga baik bagi penderita Diabetes tipe 2.

 

  • Selain itu, berenang juga baik untuk menjaga kesehatan mental seseorang, dan mencegah terjadinya depresi, kecemasan berlebihan, serta mood swing alias perasaan hati yang tidak menentu.

 

  • Berenang pun terbukti baik bagi wanita hamil, karena dapat mengoptimalkan peredaran darah menuju uterus.

 

Masih banyak lagi manfaat dari berenang bagi kesehatan tubuh, misalnya menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya, serta mampu menurunkan berat badan secara signifikan. Jadi, tunggu apalagi? Segera masukan berenang ke dalam daftar olahraga wajib Anda, ya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store