Mendidik Anak Mengenai Bahaya di Balik Obat-Obatan


Mendidik Anak Mengenai Bahaya di Balik Obat-Obatan

Mendidik Anak Mengenai Bahaya di Balik Obat-Obatan

Semua orangtua tentunya pernah merasakan tantangan dalam mendidik anak tercintanya. Didikan bisa meliputi banyak hal, termasuk mendidik anak untuk lebih peka dan tidak main-main dengan obat-obatan yang bukan merupakan miliknya.

 

Mengapa sangat penting untuk menjauhkan obat dan vitamin dari jangkauan anak?

Obat sangat penting untuk mengobati kondisi medis, namun jika tidak diminum dengan benar dapat berbahaya, terutama bagi anak-anak. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari 60.000 anak berobat ke unit gawat darurat setiap tahunnya karena mengambil atau meminum obat tanpa sepengatahuan orangtua, atau ketika pengasuhnya tidak melihat.

 

Menyimpan obat dan vitamin jauh dari jangkauan dan pandangan anak adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan anak. Tips berikut akan membantu melindungi anak Anda:

 

  • Pilihlah tempat yang tidak bisa dijangkau anak. Cari tempat di dalam rumah yang cukup tinggi, sehingga tidak bisa dijangkau atau dilihat anak. Kelilingi rumah Anda, dan tentukan tempat yang paling aman untuk menyimpan semua obat dan vitamin. Karena beberapa anak dapat memanjat, lemari yang memiliki kunci adalah tempat yang paling aman untuk menyimpan obat dan vitamin.

 

  • Jauhkan obat dan vitamin setiap saat. Selalu jauhkan obat dan vitamin setiap kali habis menggunakannya. Ini termasuk obat dan vitamin yang Anda konsumsi setiap hari. Jangan pernah tinggalkan obat di dapur atau di samping tempat tidur anak yang sedang sakit, walaupun Anda tahu Anda akan menggunakannya lagi beberapa jam kemudian.

 

  • Didik anak mengenai keamanan obat. Jelaskan pada anak apa itu obat, dan mengapa harus Anda yang memberikan obat kepadanya. Jangan mendidik anak secara keliru, misalnya dengan mengatakan bahwa obat adalah permen atau terasa seperti permen hanya supaya anak mau meminumnya. Jangan biarkan anak bermain dokter-dokteran dengan botol sisa obat.

 

  • Ingatkan tamu untuk selalu menjaga obat-obatannya. Ingatkan pada tamu atau pengunjung agar selalu menyimpan tas, dompet atau jaket yang membawa obat didalamnya di lokasi yang aman, dan jauh dari pandangan serta jangkauan anak, saat mereka berada di rumah Anda. Dan, pastikan Anda juga melakukan hal yang sama saat berkunjung ke rumah orang lain.

 

  • Dengarkan suara “klik” untuk memastikan tempat penyimpanan obat aman. Selalu gunakan tempat penyimpanan obat dengan penutup yang aman. Pastikan untuk mengunci kembali penutup botol obat. Jika tutup botol obat merupakan jenis yang perlu diputar, putar hingga terdengar bunyi “klik”. Tapi perlu diingat bahwa, walaupun banyak obat dan vitamin memiliki penutup, anak mungkin masih bisa membukanya. Cara terbaik untuk menjaga keamanan anak adalah dengan selalu menjauhkan obat dan vitamin dari jangkauan dan pandangannya.

 

Salam,

KALBE e-Store