Mempersiapkan Para Lansia untuk Siap Divaksin

Mempersiapkan Para Lansia untuk Siap Divaksin

Program vaksin corona di Tanah Air masih berlanjut. Setelah tenaga kesehatan, golongan selanjutnya yang akan mendapatkan vaksin covid-19 adalah lansia. Maka dari itu, Anda perlu tahu cara mempersiapkan para lansia untuk siap divaksin.

 

ketahui persiapan lansia sebelum di vaksin

 

Pemberian vaksin corona pada lansia ini menindaklanjuti dari pemberian izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM terkait penggunaan vaksin Sinovac bagi kelompok masyarakat 60 tahun ke atas. Dari keputusan tersebut, Kementerian Kesehatan pun mulai melakukan vaksinasi bagi lansia, dimulai dari tenaga kesehatan yang berusia di atas 60 tahun dan tidak ada batasan usia.

 

Pemberian izin vaksin pada lansia ini mengikuti uji klinis ke 3 pada berbagai negara lain. Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, penting sekali bagi pemerintah untuk memprioritaskan tenaga kesehatan yang sudah berusia lanjut, karena terdapat risiko ganda dari profesi mereka, yaitu rawan terpapar covid-19 dan usia yang rentan. Selain itu, pemberian vaksin pada lansia diharapkan dapat menekan angka kematian dan mengurangi penggunaan fasilitas kesehatan, terutama Rumah Sakit dengan harapan angka rawat inap dan Bed Occupancy Ratio dapat turun. Sehingga vaksinasi perdana untuk lansia sudah dimulai pada 8 Februari 2021, dengan total 11.600 orang yang akan divaksin di seluruh Indonesia. 

 

Vaksin corona akan diberikan dalam 2 dosis dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh, sehingga vaksin dapat bekerja sama  dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru. Sedangkan vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal. 

 

Saat ini sebanyak 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan sampai pada 34 provinsi. Memang vaksinasi akan berfokus pada provinsi yang berada di pulau Jawa dan Bali, dengan persentase kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini. Pulau Jawa dan Bali memang menjadi prioritas awal, melihat tingginya angka penyebaran virus corona pada kedua daerah tersebut. 

 

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum divaksin

 

Menurut Juru Bicara Vaksinasi covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, secara umum memang tidak ada syarat khusus bagi lansia yang akan divaksin. Sehingga beberapa kondisi berikut ini perlu dicegah dalam mempersiapkan para lansia untuk siap divaksin:

  1. Orang dengan tekanan darah 180/110 atau lebih
  2. Penyintas covid-19 kurang dari 3 bulan
  3. Sedang dalam kondisi hamil
  4. Mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, atau sesak napas dalam 7 hari terakhir
  5. Terdapat anggota keluarga yang kontak erat/suspek/terkonfirmasi sedang dalam perawatan karena covid-19
  6. Memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi covid-19 sebelumnya (untuk vaksin kedua)
  7. Orang yang sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah
  8. Menderita penyakit autoimun sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, Vaskulitis) akut 
  9. Menderita penyakit reumatik autoimun atau Rhemotoid arthritis akut
  10. Menderita penyakit saluran pencernaan kronis
  11. Menderita penyakit hiperteroid atau hiperteroid karena autoimun
  12. Menderita HIV dengan angka CD4 kurang dari 200 atau tidak diketahui

 

Selain itu, lansia  yang menjadi calon penerima vaksin akan diberikan sejumlah pertanyaan berikut ini:

  1. Apakah mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga?
  2. Apakah punya 5 penyakit dari 11 penyakit kronik dan komorbid?
  3. Apakah mudah merasa kelelahan?
  4. Apakah mengalami penurunan berat badan secara signifikan?
  5. Apakah sulit berjalan sejauh 100-200 meter?

Dari pertanyaan tersebut terdapat 3 jawaban “ya” atau lebih, maka vaksinasi tidak dapat dilakukan. Pemberian vaksin juga dapat ditunda dengan beberapa kondisi. Pertama jika berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam 37,5 derajat celcius ke atas, penundaan dilakukan hingga pasien sembuh dan terbukti bukan menderita covid-19, dan perlu dilakukan screening ulang pada kunjungan selanjutnya. Kedua jika calon penerima vaksin memiliki salah satu penyakit paru seperti asma, PPOK, dan TBC, maka pemberian vaksin bisa dilakukan hingga kondisi pasien terkontrol dengan baik. 

 

Pendaftaran vaksinasi covid-19 bagi lansia

 

Pemberian vaksin bagi lansia perlu melalui proses pendaftaran secara daring, dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan yaitu www.kemenkes.go.id , website Komite Penanganan covid-19, dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) covid19.go.id. Pada website tersebut, akan tersedia link atau tautan yang dapat diisi untuk vaksinasi lansia. Pengisian data untuk pendaftaran vaksinasi covid-19 bagi lansia dapat dibantu oleh anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW setempat. Setelah mengisi data pada website, maka seluruh data akan masuk ke dinas kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksin kepada masyarakat lanjut usia. 

 

Pelaksanaan vaksin juga dapat dilakukan secara massal yang diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Seperti organisasi untuk para pensiunan ASN atau Pepabri (Veteran Republik Indonesia). Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), di setiap tempat pelaksanaan vaksin harus menyediakan contact person perwakilan yang dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien. 

 

Itulah cara mempersiapkan para lansia untuk siap divaksin. Ingat, setelah divaksinasi, masyarakat harus tetap melaksanakan program kesehatan 3M. Karena masih ada kemungkinan terpapar virus walau kemungkinannya akan semakin kecil. Lansia juga perlu menjaga kesehatan dengan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, serta Entrasol Senior. Dengan kandungan protein yang tinggi serta gizi yang lengkap, Entrasol Senior dapat menjaga massa otot lansia serta digunakan sebagai pengganti makanan utama agar tetap sehat dan aktif. Anda bisa mendapatkan Entrasol Senior dalam varian rasa cokelat atau vanila dengan mudah di sini.

 

jaga kesehatan lansia sebelum atau sesuda divaksin dengan Entrasol Senior

 

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210219/1637002/vaksinasi-lansia-begini-pengaturannya/

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210207/2636937/vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-segera-dimulai/

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/25/113500165/apa-saja-syarat-lansia-yang-bisa-mendapatkan-vaksin-covid-19-?page=all