Memilih Popok Bayi yang Tepat untuk Si Buah Hati


Memilih Popok Bayi yang Tepat untuk Si Buah Hati

Memilih Popok Bayi yang Tepat untuk Si Buah Hati

Memilih popok bayi yang tepat untuk si buah hati tidaklah mudah. Banyaknya jenis popok bayi yang bisa Ibu temui di pasaran, seperti popok kain atau popok sekali pakai, terkadang membuat Ibu bingung. Nah, jadi seperti apa sih popok yang baik untuk si kecil? Apa yang harus diperhatikan dalam memilihnya? Berikut hal yang bisa menjadi panduan untuk membantu ibu:

 

Jenis Popok. Terdapat dua jenis popok bayi, yakni popok kain dan popok sekali pakai. Saat ini, sebagian besar orang tua memilih untuk memakai popok sekali pakai, karena dinilai lebih praktis dan nyaman. Penggunaan popok kain memang memerlukan lebih banyak effort. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa, popok sekali pakai mengandung bahan kimia yang terkadang tidak cocok kulit si kecil. Jadi, jika si kecil memiliki kulit yang cenderung sensitif, sebaiknya ibu memberikannya popok kain saja. Repot sedikit tidak masalah, selama kesehatan tubuh dan kulit si kecil selalu terjaga, bukan?

 

Bahan popok. Bahan seperti polyester, katun dan rami merupakan bahan yang umum digunakan pada popok kain, karena memiliki daya serap yang baik. Selain itu, popok bayi yang ideal harus dapat menjaga kestabilan pH, serta kadar kekeringan kulit bayi guna mencegah terjadinya ruam. Pada popok sekali pakai, bagian dalamnya biasanya berpori, sehingga dapat mengurangi gesekan, serta mengandung zinc oxide, aloe vera dan petroleum untuk menjaga agar kulit bayi tetap kering. Jadi, jangan hanya perhatikan model saja, ya. Sebelum memutuskan ingin membeli popok bayi, perhatikan juga material pembuatannya, dan pilih yang terbaik dan paling bersahabat bagi kulit bayi Anda.

 

Ukuran. Pemilihan ukuran yang tidak tepat sering kali terjadi. Popok bayi yang terlalu besar dapat mengakibatkan kebocoran. Sebaliknya, popok yang terlalu kecil akan memberi rasa tidak nyaman pada si kecil. Untuk itu, ada baiknya memperhatikan perkembangan berat dan panjang bayi, agar Ibu dapat memilih ukuran yang tepat.

 

Merek. Jangan terpaku kepada satu merek saja. Banyak dari Ibu memilih satu merek, karena sudah umum dipakai banyak orang. Kenyataannya, setiap bayi memiliki daya tahan dan sensitivitas kulit yang berbeda-beda. Saat kulit bayi sudah memperlihatkan gejala ruam saat mengenakan popok bayi dari merek tertentu, cobalah mengganti merek. Merek mahal tidak selalu lebih baik, namun beberapa tentunya sepadan dengan kualitas yang diberikan.  Memilih popok bayi yang tepat dapat juga membantu Ibu untuk berhemat, lho.

 

Penggunaan popok bayi yang tidak benar dapat mengakibatkan infeksi kulit, maupun organ dalam, seperti saluran kandung kemih bayi. Oleh karena itu, Ibu harus memiliki berbagai opsi. Ada baiknya untuk berdiskusi sesama ibu, agar banyak mendapatkan pendapat atau referensi.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store