Hal-Hal yang Perlu Diketahui Saat Memberikan Makanan Padat Kepada Si Kecil


Hal-Hal yang Perlu Diketahui Saat Memberikan Makanan Padat Kepada Si Kecil

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Saat Memberikan Makanan Padat Kepada Si Kecil

Orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Mereka ingin agar si kecil tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang tangguh. Berbagai upaya pun dilakukan demi mewujudkan itu semua. Mulai dari pemenuhan gizi seperti memberi makanan sehat seimbang, susu formula anak hingga kebutuhan lainnya. Namun saat hendak memperkenalkan makanan padat untuk pertama kalinya, orang tua juga harus tahu hal-hal berikut ini.

 

Usia Si Kecil

Saat hendak memberikan makanan padat kepada si kecil, perhatikan usianya. Usia 6 bulan memang sudah diperbolehkan untuk mulai memperkenalkan MPASI. Akan tetapi, makanan yang boleh diberikan hanya makanan bertekstur lembut. Pada usia 1 tahun barulah si kecil boleh diberi makanan padat selama 3 kali sehari.

 

Jangan Memaksa Anak

Meski demi kebaikan, jangan paksa si kecil untuk makan makanan padat. Orang tua memang harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memberi makanan kepada anak. Anda bisa membujuknya untuk makan makanan padat. Akan tetapi usahakan untuk tidak terlalu memaksa.

 

Hindari Makanan yang Mengandung Penyedap

Makanan yang mengandung penyedap atau MSG memang memiliki rasa yang lebih enak. Namun jika tujuan Anda adalah untuk memperkenalkan makanan sehat ke anak, hindari makanan yang mengandung penyedap.

 

Berikan Porsi Kecil

Beri si kecil porsi yang sesuai dengan usianya. Porsi kecil tidak masalah. Pada saat ini, yang terpenting ia mau menerima makanan tersebut dan terbiasa dengan makanan padatnya. Jika gizi yang ada di dalam makanan padat masih belum mencukupi, Anda bisa memberinya ASI atau susu formula anak.

 

Hindari Makanan Padat Berukuran Kecil

Makanan padat dan kecil seperti kacang-kacangan harus dihindari. Makanan seperti ini justru bisa membuatnya tersedak. Agar si kecil tidak cepat bosan, Anda bisa memberinya makanan yang berbeda setiap harinya.

 

Memperkenalkan makanan padat kepada si kecil memang penuh tantangan. Kebutuhan gizinya juga tetap harus diperhatikan. Berikan makanan sehat dan seimbang. Hindari makanan kemasan atau makanan yang mengandung pengawet. Agar tumbuh kembangnya lebih optimal, tidak ada salahnya memberi si kecil susu formula anak.  Akan tetapi, pastikan selalu untuk memilih susu yang memang telah teruji seperti Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store