Cara Membentuk Pola Makan Sehat Pada Anak Usia 1 Tahun

Cara Membentuk Pola Makan Sehat Pada Anak Usia 1 Tahun

Selama 6 bulan pertamanya, bayi hanya bisa menerima satu-satunya susu yang bisa diterima oleh pencernaannya, yakni ASI. Setelah menginjak usia 1 tahun, barulah si kecil mulai diperkenalkan dengan susu lainnya, termasuk susu formula. Ia juga sudah mulai terbiasa dengan makanan padat. Namun orang tua tetap harus waspada dan senantiasa memberinya makanan sehat seimbang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Untuk membantu membentuk pola makan yang sehat, Anda bisa menerapkan cara berikut ini.

 

Utamakan Gizi Seimbang

Anak-anak membutuhkan beragam jenis nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. Beberapa di antaranya adalah karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, vitamin dan mineral penting lainnya. Semua nutrisi tersebut bisa diperoleh dari makanan sehat seimbang yang terdiri dari nasi, ikan, ayam, tempe, daging, telur, sayuran, buah dan susu formula. Tentu saja, Anda bisa memberinya sumber karbohidrat lain selain nasi. Bahkan akan lebih baik lagi jika memberi si kecil sumber karbohidrat kompleks seperti gandum.

 

Hindari Penggunaan Penyedap Rasa

Sejak kecil sebaiknya anak jangan dibiasakan untuk merasakan penyedap rasa. Meski dari segi rasa makanan jadi lebih enak dan menggugah selera, makanan dengan penyedap rasa justru bisa merusak indra pengecapnya. Lidah jadi terlalu dimanjakan. Anak pun jadi sulit menerima rasa yang lebih alami. Inilah yang kemudian membuat anak jadi pemilih.

 

Atur Jadwal Makan dengan Tepat

Sama halnya dengan orang dewasa, jadwal makan anak-anak dibagi menjadi 3, yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Jika memang si kecil ingin makan camilan, atur juga waktunya. Camilan pagi pada pukul 10.00 sedangkan camilan siang pada pukul 14.00. Beri ia camilan yang sehat. Selain itu, jangan lupa juga dengan susu formula si kecil.

 

 

Membangun pola makan sehat memang butuh komitmen yang kuat. Anda juga harus kreatif dalam memikat hati si kecil. Buat kebiasaan mengonsumsi makanan sehat ini terasa menyenangkan. Beri juga ia susu formula. Susu adalah sumber kalsium terbaik untuk anak. Namun dengan Susu Morinaga, bukan hanya kalsium saja yang ia peroleh. Beragam nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak juga ia dapatkan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store