Membedah Manfaat Buah Apel

Membedah Manfaat Buah Apel

Manfaat buah apel tergambar dari ungkapan lama, yaitu ‘an apple a day keeps the doctor away’, yang berarti dengan mengonsumsi apel mampu menghindari penyakit – dan kebutuhan untuk berobat ke dokter.

 

Memang, sedari dulu buah apel sudah dipercaya sebagai buah ajaib, karena kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat berguna bagi tubuh. Berikut ini manfaat buah apel yang dapat Anda ketahui:

 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, apel mampu mengurangi risiko stroke, karena mengandung senyawa phytochemical yang memiliki manfaat antioksidan, sama halnya dengan carotenoid dan flavonoid. Oleh karena itu, disarankan Anda mengonsumsi minimal 1 buah apel setiap hari untuk memetik manfaat tersebut.

 

Apel mengandung quercetion, yaitu antioksidan yang mampu mencegah terjadinya degenerasi sel-sel otak, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Selain itu, kandungan flavonoid di dalamnya juga memiliki efek yang sangat kuat terhadap perlindungan saraf.

 

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, apel mengandung vitamin C yang dapat mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas, serta memperkuat sistem imun tubuh terhadap bakteri. Tak hanya itu, apel juga mengandung vitamin B kompleks (riboflavin, thamin dan vitamin B-6) yang dapat menjaga kesehatan sel-sel darah merah dan sistem saraf dalam tubuh.

 

The British National Health Service menjelaskan bahwa, apel memiliki serat diet yang baik bagi tubuh, dan mampu mencegah perkembangan berbagai penyakit, sekaligus mencegah kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Apel pun mengandung kebutuhan mineral lainnya, seperti kalsium, potassium dan fosfor.

 

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Diabetes Association, dengan melibatkan 187.382 partisipan, menjelaskan bahwa, seseorang yang mengonsumsi apel tiga kali dalam sehari memiliki risiko diabetes tipe 2 yang 7% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

 

 

Karena kandungan gizinya tersebut, banyak para ahli menyarankan untuk memakan buah apel setiap hari, khususnya bagi Anda yang sedang berdiet, sebab apel juga terbukti mampu menurunkan berat badan, dan membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama. Untuk mendapatkan manfaat buah apel dengan lebih maksimal, Anda juga bisa mencampurkannya dengan buah-buahan lain, seperti strawberry, anggur, atau melon, yang juga kaya akan zat gizi penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

 

 

Salam,

KALBE Store