Memahami Tanda-Tanda Keguguran dan Cara Pencegahannya

Memahami Tanda-Tanda Keguguran dan Cara Pencegahannya

Jika ada satu hal yang paling ditakutkan oleh calon ibu baru, hal tersebut pastilah keguguran. Bisa dibilang, ini adalah mimpi terburuk para ibu. Kejadian ini bisa dialami oleh siapa pun dan terjadi di waktu yang tidak diduga. Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah dan menekan risikonya. Mengonsumsi susu ibu hamil dan mengetahui tanda-tanda keguguran adalah beberapa contohnya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda pun bisa segera mendapat penanganan dan mencegah hal-hal yang tidak diharapkan.

 

Nyeri di Bagian Perut

Salah satu tanda keguguran yang paling serius adalah nyeri di bagian perut. Rasa nyeri ini seperti diremas-remas dan ditusuk-tusuk. Kondisi ini bisa menjadi pertanda turunnya rahim sama seperti saat darah kotor menstruasi dikeluarkan. Jika merasakan hal seperti ini, segera minta pertolongan ke dokter terdekat.

 

Kontraksi Dini

Kontraksi yang terlalu dini juga bisa menjadi salah satu tanda akan mengalami keguguran. Kondisi ini biasanya juga menjadi indikasi akan terjadinya pendarahan. Jika mengalaminya, jangan diremehkan. Segera minta pertolongan ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa menghindari penyebabnya seperti tidak mengonsumsi buah nanas dan melengkapi kebutuhan nutrisi dengan minum susu ibu hamil.

 

Pendarahan

Sebenarnya pendarahan saat kehamilan terbagi menjadi dua, yakni pendarahan ringan yang berupa keluarnya sedikit ulek dan pendarahan berat. Pada pendarahan berat, darah yang keluar mirip seperti saat menstruasi. Hanya saja, darah yang keluar disertai gumpalan-gumpalan darah yang besar.

 

Anda tentu tidak ingin melihat tanda-tanda tersebut terjadi pada diri Anda. Karena bagaimanapun juga, tanda-tanda keguguran merupakan indikasi awal dari hal yang paling tidak diinginkan oleh setiap ibu hamil.

 

Upaya pencegahan tentu harus dilakukan. Selama masa kehamilan, Anda harus selalu berhati-hati. Jangan sampai kelelahan, jangan sampai terjatuh bahkan perut juga tidak boleh terbentur. Makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Beberapa makanan yang dapat memicu keguguran seperti nanas, nangka dan durian harus dihindari. Begitu pula dengan makanan tidak sehat seperti makanan yang bersifat panas dan mengandung bahan pengawet.

 

Asupan nutrisi pun harus terpenuhi. Selain mengonsumsi makanan sehat, sangat disarankan untuk mengonsumsi susu ibu hamil. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan minum susu hamil seperti susu Prenagen, kondisi kesehatan ibu dan janin juga akan terjaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store