Memahami Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Memahami Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes mellitus, penyakit yang juga dikenal dengan sebutan penyakit gula ini memang erat kaitannya dengan kadar gula dalam tubuh yang melebihi ambang batas. Tak hanya itu saja, air seni penderita diabetes juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Itulah kenapa penyakit ini juga kerap disebut penyakit kencing manis. Meski risiko penyakit ini dapat ditekan dengan mengkonsumsi susu diabetes, penyakit ini tergolong penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan hingga saat ini belum ada obat untuk mengatasi diabetes. Karena itu, menekan risikonya adalah satu-satunya jalan.

 

Mengenal Penyebab Diabetes Melitus

Mungkin banyak yang bertanya-tanya. Sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit diabetes mellitus ini? Secara umum, penyakit ini disebabkan karena gula darah yang tinggi. Konsumsi makanan yang banyak mengandung gula menjadi salah satu pemicunya. Karena itulah diet atau pola makan memegang peranan penting dalam memicu penyakit ini.

 

Selain diet yang kurang sehat dan tinggi gula, gaya hidup yang kurang sehat serta aktivitas fisik yang kurang juga menjadi salah satu penyebab diabetes mellitus. Konsumsi makanan yang kurang terkontrol juga bisa memicu penyakit yang satu ini.

 

Riwayat kesehatan keluarga juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Anak penderita diabetes umumnya memiliki risiko 5% lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan mereka yang lahir dari orang tua yang tidak menderita penyakit ini. Risiko ini bahkan bisa meningkat hingga 50% jika anak dari penderita diabetes juga memiliki berat badan berlebih.

 

Mencegah Diabetes Melitus

Bagi Anda yang belum terkena diabetes mellitus, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menekan risikonya. Beberapa diantaranya adalah melalui diet sehat dan penerapan gaya hidup yang lebih sehat. Jika berat badan yang dimiliki sudah hampir mencapai obesitas, segera turunkan berat badan. Memperbanyak aktivitas olahraga juga akan sangat membantu dalam mencegah diabetes.

 

Jika sudah memiliki beberapa gejala penyakit diabetes atau bahkan sudah positif terserang penyakit diabetes, ada baiknya mulai mengkonsumsi makanan sehat. Menghindari pantangan makanan yang dapat memicu diabetes juga harus dilakukan. Agar asupan makanan yang diperoleh tetap mencukupi kebutuhan tubuh, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi susu diabetes seperti Diabetasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store