Memahami Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

Memahami Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

Anemia, penyakit kekurangan sel darah merah yang kerap diremehkan. Meski tidak begitu mematikan layaknya kanker atau penyakit berat lainnya, anemia bisa memberi dampak serius pada kesehatan. Gangguan kesehatan ini bisa jauh lebih serius saat diderita oleh ibu hamil. Biasanya, anemia pada ibu hamil ini kerap disebut dengan istilah anemia hamil dan susu ibu hamil muda pun kerap menjadi jawaban untuk mengatasinya.

 

Memahami Anemia

Secara umum anemia adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan berkurangnya sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin sendiri merupakan senyawa yang sangat penting. Peranannya sangat penting sebagai pembawa oksigen dalam darah yang kemudian menyebarkannya ke seluruh tubuh.

 

Penderita anemia biasanya akan mengalami gejala seperti mudah lelah, sering merasa pusing, nafas pendek, kurang nafsu makan dan wajah yang terlihat pucat. Penyebab dari anemia ini sendiri cukup beragam. Beberapa diantaranya adalah karena pendarahan hebat, wasir, kanker di saluran pencernaan, tumor ginjal hingga tumor kandung kemih. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi yang memiliki andil dalam pembentukan sel darah merah. Untungnya dengan mengkonsumsi susu ibu hamil muda, resiko anemia ini dapat ditekan.

 

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

Saat sedang mengandung, sang ibu biasanya mengalami peningkatan volume darah hingga 50%. Perkembangan janin juga sangat dipengaruhi oleh darah ibu hamil. Jika ibu mengalami gangguan anemia, hal ini bisa berdampak pada kelahiran prematur dan berat badan bayi yang rendah. Tentu saja ini juga bisa berbahaya bagi sang ibu, khususnya saat proses melahirkan.

 

Anemia pada ibu hamil biasanya lebih dikarenakan kekurangan vitamin dan mineral. Konsumsi makanan yang tidak seimbang menjadi salah satu momok anemia kehamilan. Saat sedang hamil, ibu seharusnya mengkonsumsi makanan lebih banyak. Tak hanya lebih banyak dalam hal kuantitas, kandungan gizinya juga harus lengkap. Itulah kenapa perubahan diet perlu dilakukan saat sedang hamil. Untuk menjaga agar asupan nutrisi terpenuhi, susu ibu hamil muda juga banyak direkomendasikan.

 

Makanan yang Baik untuk Mengatasi Anemia Kehamilan

Selain makan makanan bergizi, ibu hamil bisa menekan resiko anemia dengan mengkonsumsi banyak sayuran hijau dan buah pisang. Sari kurma juga baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dengan susu ibu hamil seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALCare